Warga Blitar Terdampak Bentrok Supporter Bola Segera Terima Ganti Rugi dari Pemprov

Warga Blitar Terdampak Bentrok Supporter Bola Segera Terima Ganti Rugi dari Pemprov Komisi III DPRD Kota Blitar saat menggelar rapat kerja dengan Pemkot Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Warga Kota yang mengalami kerugian akibat bentrok supporter bola segera menerima ganti rugi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sesuai rencana, pemberian ganti rugi kepada masyarakat akan dilakukan, Rabu (26/2/20).

Ketua Komisi III DPRD Kota , Totok Sugiarto mengatakan, kepastian ini diperoleh usai dewan menggelar rapat kerja dengan Pemkot . Rencananya, pemberian ganti rugi kepada masyarakat terdampak langsung dilakukan perwakilan dari Pemprov Jatim di kantor Bakesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kota .

"Kami sudah melakukan rapat kerja dengan Pemkot . Hasilnya sudah ada kepastian soal ganti rugi untuk warga yang terdampak kerusuhan kelompok suporter. Nanti masyarakat terdampak akan diundang ke kantor Bakesbangpol untuk menerima uang ganti rugi dari Pemprov Jatim," ungkap Totok Sugiharto, Selasa (25/2/20).

Sementara uang ganti rugi hanya diberikan kepada warga pemilik warung dan sawah yang rusak. Untuk ganti rugi motor yang terbakar, masih menunggu surat dari Polres Kota.

"Ganti rugi untuk warga Kota yang terdampak seperti warung yang tidak dibayar serta sawah yang rusak. Untuk pemilik motor masih menunggu kelengkapan surat dari polisi," tegasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota melalui Kesbangpol dan PBD telah merinci total kerugian akibat kerusuhan massa suporter di Kota saat pelaksanaan semifinal Piala Gubernur 2020 antara Persebaya VS Arema FC, Selasa (18/2/2020) lalu.

Kepala Kesbangpol dan PBD Kota Hakim Sisworo mengatakan, estimasi kerugian akibat kejadian tersebut mencapai Rp 254 juta.

Rinciannya mencakup 6 orang korban luka-luka, 13 kendaraan roda dua rusak ringan hingga berat, satu kendaraan roda empat dengan jenis kerusakan kaca pecah dan laptop yang ada di dalamnya raib.

Kemudian kerugian barang dagangan milik toko dan warung dijarah total ada 8, empat rumah rusak ringan serta enam hektare areal persawahan milik 25 orang rusak mulai ringan hingga parah.

"Hasil pendataan sudah masuk semua ada beberapa warung maupun toko yang terdampak motor terbakar dan rusak termasuk mobil kemudian lahan persawahan. Nilai kerugian sekitar Rp 254 juta," jelas Hakim Sisworo. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO