Hari Jadi ke-161 Sidoarjo, Warga Dihibur Pagelaran Wayang Kulit

Hari Jadi ke-161 Sidoarjo, Warga Dihibur Pagelaran Wayang Kulit SEMALAM SUNTUK: Pagelaran wayang kulit, di Pendopo Delta Wibawa, Jumat (21/2) malam.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Warga mendapatkan hiburan gratis pagelaran wayang kulit semalam suntuk, di Pendopo Delta Wibawa, Jumat (21/2). Pagelaran wayang kulit ini dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-161 Kabupaten Sidoarjo.

Pagelaran wayang kulit ini menampilkan lakon Tumuruning Wahyu Keprabon oleh dalang Ki Anam Suroto. Dalang asal Surakarta ini memainkan tokoh pewayangan berkolaborasi dengan dalang Ki Bayu Aji, yang tak lain anak Ki Anam Suroto.

Pagelaran wayang kulit ini dibuka oleh Wabup Nur Ahmad Syaifuddin. Pembukaan simbolis dilakukan dengan penyerahan tokoh wayang Gatotkoco oleh wabup kepada dalang Ki Bayu Aji.

Acara pembukaan pagelaran wayang kulit juga dihadiri sejumlah pihak, di antaranya Kapolresta Kombes Pol Sumardji, anggota DPRD Ali Sutjipto, dan Sekda Achmad Zaini.

Menurut Wabup Nur Ahmad, pagelaran wayang kulit digelar rutin setiap memperingati Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo. Selain itu, ada beberapa kegiatan digelar dalam rangka Hari Jadi ke-161 Sidoarjo.

Diantaranya Doa dan Santunan Bersama 1000 Anak Yatim pada Minggu (23/2) nanti. Sedangkan puncaknya digelar Delta Carnival, yang menampilkan keanekaragaman seni budaya Sidoarjo.

Kata Nur Ahmad, pagelaran wayang kulit tidak hanya menjadi hiburan semata. Ada teladan yang baik dari tokoh-tokoh pewayangan yang diceritakan oleh dalang. Dikatakannya keteladanan yang baik penting untuk dianut.

Panutan terhadap hal-hal yang baik akan menuntun seseorang untuk berbuat baik pula. Untuk itu, Cak Nur berharap pagelaran wayang kulit seperti dapat terus bertahan sebagai seni dan budaya bangsa yang membawa kebaikan. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO