Danrem 083/BDJ Berharap Penanaman Vetiver Berkelanjutan

Danrem 083/BDJ Berharap Penanaman Vetiver Berkelanjutan Penanaman rumput vetiver di area take of Paralayang, Gunung Banyak, Kota Batu, Rabu (19/02).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Zainudin mengajak masyarakat Kota Batu menjaga kelestarian lingkungan demi meminimalisir terjadinya bencana. Salah satunya, mereka bisa melakukan penanaman rumput vetiver (rumput akar wangi).

Seperti yang dilakukan di area take of Paralayang, Gunung Banyak, Rabu (19/02). Acara ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Batu Ir. Punjul Santoso, Danrem 083/BDJ Kol. Inf. Zainuddin, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, beserta tamu penting lainnya.

Danrem 083/BDJ Kol. Inf. Zainuddin berharap acara ini tidak hanya seremonial atau formalitas saja. Melainkan bisa berkelanjutan dengan diikuti oleh semua lapisan masyarakat dalam menanam rumput vetiver ini.

"Terutama babinsa, bhabinkantibmas, kepala desa, dan relawan bisa mengedukasi kepada masyarakat di desa-desa karena ini dapat mencegah erosi dan longsor," katanya.

Selain itu, menurut Zainuddin, penanaman vetiver juga menjadi solusi untuk mengatasi kualitas tanah pada saat ini, mengingat banyaknya alih fungsi lahan.

Zainuddin mengatakan, penanaman rumput vetiver di wilayah Jawa Timur sebagai pelopornya. "Sebelumnya sudah dilakukan di Lumajang," katanya seraya penanaman ini menjadi instruksi presiden dan telah dicanangkan oleh BNPB Nasional.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO