Peringati HPSN, DLH Batu Gelar Jalan Sehat Hingga Siapkan 2 Ton Apel untuk Pemecahan Rekor Muri

Peringati HPSN, DLH Batu Gelar Jalan Sehat Hingga Siapkan 2 Ton Apel untuk Pemecahan Rekor Muri Kepala DLH Arief Assidiq berfoto bersama dengan panitia Songgoriti Goes to Clean, Rabu (19/2).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar "Songgoriti Goes to Clean (SGC)" bertempat di Dukuh Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, . Salah satu agenda besar dari kegiatan SGC yang bakal digelar tanggal 21 hingga 23 Februari 2020 itu, yakni jalan sehat HPSN yang ditargetkan diikuti 30 ribu peserta.

Kepala DLH , Arief Assidiq mengatakan, selain jalan sehat yang berhadiah mobil, SGC juga akan diwarnai kegiatan tanam pohon bersama, kerja bakti, sarasehan sadar lingkungan, lomba fashion show daur ulang sampah, dan bazaar dengan menu jajanan tradisional tanpa bungkus plastik.

"Jalan sehat HPSN ini merupakan sebuah media untuk mengumpulkan banyak masyarakat di yang nantinya kami edukasi tentang pengelolaan sampah. Bagaimana memilah sampah organik dan anorganik dan memanfaatkan sampah-sampah itu menjadi barang berharga," ujar Arief Assidiq kepada wartawan di sekretariat Among Tani Foundation (ATF) , Rabu (19/2).

Untuk kegiatan jalan sehat ini, panitia telah menyiapkan 30 ribu kupon yang sudah disebar di sejumlah tempat, baik di lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, dan swasta di . Bahkan, panitia sengaja mengundang veteran dan penyandang disabilitas untuk turut serta dalam kegiatan jalan sehat tersebut.

"Kami sudah menyiapkan kupon gratis bagi veteran dan penyandang disabilitas. Untuk veteran kami berikan 500 tiket gratis dan untuk disabilitas sekitar 200 tiket. Namun, khusus veteran dan disabilitas ini rutenya tidak panjang," ungkap Arief.

Rute yang akan ditempuh peserta jalan sehat sejauh 4,8 kilometer. Peserta diwajibkan mengenakan baju berwarna putih. Dalam kegiatan ini juga akan dilakukan penandatanganan MoU dengan BPJS Kesehatan dan Kapolres Batu yang berisi pembayatan BPJS dan pajak kendaraan dengan sampah yang bernilai ekonomis. Hal ini menjadi langkah awal menanggulangi sampah di dan masyarakat terbiasa memilah sampah.

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO