Bahan Baku Home Industri Kebutuhan Alat Dapur Rumah Tangga Alfalan Diduga dari Limbah B3

Bahan Baku Home Industri Kebutuhan Alat Dapur Rumah Tangga Alfalan Diduga dari Limbah B3 Alfalan, home industri yang memproduksi alat-alat rumah tangga.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Alfalan, home industri yang memproduksi alat-alat rumah tangga seperti dandang, panci, soblukan, dll diduga menggunakan limbah B3 sebagai bahan bakunya. Informasi yang dihimpun, bahan baku limbah B3 itu diduga berupa kemasan bahan obat yang dikirim oleh salah satu pabrik di Desa Pekoren Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Hal ini disampaikan Ridwan, anggota LSM Garda Pantura Pasuruan. "Diduga Alfalan aluminium bekas kemasan bahan baku obat itu adalah limbah B3," ujar Ridwan.

Menurut Ridwan, home industri peralatan rumah tangga berbahan aluminium itu sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Sejak berdiri, perusahaan kerajinan berbahan aluminium Alfalan itu diduga kuat menggunakan limbah B3 sebagai bahan bakunya.

"Pihak perusahaan, H. Gofur warga Dusun Dandang, Kelurahan Gelanggang, Kecamatan Bangil, sedang sakit saat hendak saya temui," ungkap Ridwan.

Ia juga menyampaikan, bahwa bahan baku berupa kemasan bekas obat itu dikirim tiap 1 bulan sebanyak dua truk. "Sudah saya datangi pihak pengrajin, dibenarkan pengiriman bekas kemasan bahan obat itu tiap bulan 2 truk," kata Ridwan lagi.

Limbah kemasan obat itu diduga dikirim oleh PT. Meji Indonesia yang berdiri di Desa Pekoren, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Namun, HRD (Humant Resource Departemen) PT. Meji Indonesia belum bisa dikonfirmasi terkait kebenaran pengiriman limbah bekas kemasan obat ini.

"Kepala bagian HRD gudang barang bekas sedang dinas luar. Kalo sudah masuk kantor nanti saya hubungi," kata Ridwan menirukan ucapan security PT. Meji Indonesia. (ard/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO