Senin, 30 Maret 2020 01:22

Panitia Angket DPRD Jember Hari Ini Datangi LPSK, Minta Perlindungan untuk M Fariz

Kamis, 13 Februari 2020 20:37 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muhammad Hatta
Panitia Angket DPRD Jember Hari Ini Datangi LPSK, Minta Perlindungan untuk M Fariz
Panitia angket DPRD Jember berkunjung ke LPSK ditemui langsung Wakil Ketua LPSK Brigjen (Pur) Ahmad dan Kombes Pol (Pur) Basuki.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Panitia Angket DPRD Jember hari ini ke Jakarta mendatangi Kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) RI di Jakarta, Kamis (13/2/2020). Kedatangan Panitia Angket itu, bertujuan untuk meminta perlindungan bagi M Fariz Nurhidayat, seorang perencana proyek yang mengungkap skandal pengadaan proyek barang dan jasa di Pemkab Jember beberapa waktu lalu.

Fariz sendiri kini menjadi tersangka terkait kasus korupsi proyek revitalisasi Pasar Manggisan, Tanggul, Jember. Ia dinilai perlu untuk mendapat perlindungan dari LPSK, untuk menghindari tindak intimidasi ataupun intervensi dari pihak luar yang ingin menggagalkan pengungkapan skandal pengadaan proyek di pemkab ini.

Panitia Angket yang diwakili oleh Wakil Ketua David Handoko Seto dan anggotanya Agusta Jaka Purwana, ditemui langsung oleh Wakil Ketua LPSK Brigjen (purn) Ahmadi, dan Kombespol (Purn) Basuki sebagai Kepala Divisi.

"Tujuan panitia angket DPRD Jember ke LPSK untuk meminta perlindungan saksi bagi Fariz yang sudah berani membongkar (skandal) pengadaan barang dan jasa di Pemkab Jember," kata Agusta saat dikonfirmasi melalui ponselnya.

Agusta menilai, dengan ditahannya Pak Dodik atau Irawan Sugeng Widodo selaku pimpinan Fariz, sudah menunjukkan langkah serius APH untuk mengungkap praktek korupsi tersebut.

"Tujuan melindungi saksi ini, agar tidak ada intimidasi atau intervensi dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab, terhadap Fariz," katanya.

Dalam pertemuan dengan LPSK RI, Panitia Angket DPRD Jember juga diminta untuk memaparkan persoalan apa sebenarnya yang terjadi di Jember. "Mereka tertarik, dan nantinya akan dikaji terkait permohonan perlindungan saksi yang dimaksud," kata legislator dari Demokrat ini.

Terkait dokumen, keterangan, dan bukti-bukti penyidikan yang sudah dilakukan Panitia Angket juga sudah diserahkan. "Persoalan yang ada di Jember. Bahkan tadi juga disampaikan untuk nantinya akan dikoordinasikan dengan APH terkait," ulasnya.

Teknis perlindungan saksi seperti apa yang akan dilakukan oleh LPSK? Agusta enggan menjelaskan detail. "Karena itu soal teknis, dan tidak bisa disampaikan secara terbuka. Yang jelas kita sudah menyerahkan bukti dan keterangan yang ada untuk menjelaskan duduk persoalan yang ada di Jember," pangkasnya.

Perlu diketahui, Panitia Angket memberikan perlindungan kepada Fariz, setelah mengungkap fakta permainan kotor dari pimpinannya, Dodik atau Irawan Sugeng Widodo terkait pengadaan barang dan jasa di Pemkab Jember.

Setelah pengungkapan itu, tidak lama kemudian Kejari Jember memanggil Irawan Sugeng Widodo untuk ketiga kalinya, diperiksa sebagai saksi, Selasa (11/2/2020) kemarin. Pemeriksaan terhadapnya dilakukan sejak pukul 9 pagi.

Hingga pada sore harinya, Dodik langsung ditetapkan sebagai tersangka, dan langsung dijebloskan ke Lapas Kelas IIA Jember sama dengan Fariz dan tersangka lainnya. (ata/yud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...