Cetak Wartawan Pelajar, SMA Avisena Sidoarjo Gelar Diklat Jurnalistik

Cetak Wartawan Pelajar, SMA Avisena Sidoarjo Gelar Diklat Jurnalistik BELAJAR JURNALISTIK: Siswa SMA dan SMP Avisena saat mengikuti Diklat Jurnalistik Dasar, Rabu (12/2). Diklat tersebut mendatangkan Mustain, wartawan BANGSAONLINE dan HARIAN BANGSA sebagai pemateri. foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - SMA Avisena Jabon menggelar Diklat Jurnalistik Dasar selama dua hari, Rabu (12/2) hingga Kamis (13/2).

Kegiatan itu untuk mencetak wartawan pelajar, sekaligus pembekalan untuk menjadi awak redaksi media sekolah setempat, yakni Majalah Avisena, yang terbit per semester.

Diklat Jurnalistik Dasar ini diikuti 65 siswa, 45 siswa SMA Avisena dan 25 siswa SMP Avisena. "Kami berharap alumni diklat jurnalistik ini nantinya bisa mengelola secara mandiri Majalah Avisena," cetus guru pembina ekstrakurikuler Jurnalistik SMA Avisena, Nur Aniati, di gedung SMA Avisena, Desa Kedungcangkring, Kecamatan Jabon, Rabu (12/2).

Aniati berharap, diklat selama dua hari itu bisa menambah pengetahuan para siswa SMA dan SMP Avisena tentang jurnalistik. "Selain menerima teori-teori seputar jurnalistik dari praktisi media, peserta juga praktik menulis berita dan wawancara," urai guru Bahasa Indonesia SMA Avisena ini.

Pada hari pertama diklat, peserta menerima materi teknik wawancara sekaligus praktik. Materi ini disampaikan oleh Misbachul Munir, praktisi media yang juga menjadi pembina Majalah Avisena.

Selain itu, peserta mendapatkan materi teknik penulisan berita straight news atau berita langsung. Materi ini disampaikan oleh Mustain, wartawan HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com.

Pada hari kedua, peserta diklat bakal menerima materi pengayaan sekaligus praktik menulis berita yang disampaikan oleh Nawawi A Manan, wartawan senior yang juga redaktur pelaksana Majalah Pena, sebuah majalah pendidikan di Kabupaten . (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO