Selasa, 07 April 2020 04:01

Ada 3 Minimarket Dalam Radius 500 Meter di Jl. RE. Martadinata, Ini Curhatan Pemilik Toko Kelontong

Rabu, 12 Februari 2020 16:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
Ada 3 Minimarket Dalam Radius 500 Meter di Jl. RE. Martadinata, Ini Curhatan Pemilik Toko Kelontong
Alfamart di Jl. RE. Martadinata Mlajah yang siap dioperasionalkan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Rencana pembukaan minimarket (Alfamart) di Jl. RE. Martadinata Kelurahan Mlajah Kecamatan Bangkalan, tepatnya sebelah Barat RS. Anna Medika, dikeluhkan oleh warga sekitar. Termasuk pedagang yang ada di sekitar lokasi minimarket.

Mereka merasa tidak pernah dimintai persetujuan, terhadap pembangunan minimarket tersebut. "Sebelumnya memang ada dari pihak Alfamart dan Kelurahan yang datang untuk meminta persetujuan, tapi saya tolak keras, saya tidak bisa memberikan," ungkap salah satu warga yang meminta identitasnya tak ditulis.

Ia mengaku menolak beroperasinya minimarket tersebut, karena mengancam usaha toko kelontongnya. "Karena yang dijual sama dengan yang ada di warung saya, bagaimana ke depan untuk membiaya anak saya yang masih SD, SMK, dan masih kuliah. Saat ini sudah berat, apalagi Alfamart nanti beroperasi," cetusnya kepada bangsaonline.com, Rabu (12/2/20)

Penolakan serupa disampaikan warga lainnya. Hanya saja, ia mengaku tak pernah dimintai persetujuan akan berdirinya minimarket itu. Bahkan ia mengeluhkan jarak minimarket satu dengan lainnya yang hanya 500 meter.

"Pendirian Alfamart ini tidak jauh dengan Indomaret yang masih di satu Area Jl. RE. Martadinata, radiusnya hanya 500 meter. Bahkan dengan Alfamart yang ada di Jl. Soekarno Hatta (depan Pos Lantas Halim) hanya berjarak 100 meter," ungkapnya.

"Ada 3 pasar modern yang buka di lingkungan Jl. RE. Martadinata 1 Alfamart di Pos Halim yang buka 24 jam, dan Indomaret (Pertigaan RE. Martadinata) dan Alfamart di sebelah berat RS Anna Medika," katanya.

Diketahui, berdasarkan Perda Kabupaten Bangkalan nomor 5 Tahun 2016 pasal 7, bahwa penentuan lokasi pendirian pasar modern harus mengacu pada RTRW dan Rencana Detail dan Tata Ruang (RDTR). Yakni, jarak dengan pasar tradisional minimal 3 kilometer. Bisa kurang dari jarak 3 kilometer,  dengan syarat jam buka tidak bersamaan pasar tradisional, atau jenis barang yang dijual tidak ada di pasar tradisional.

Kabid Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Bangkalan Erick Yadi Santoso enggan memberikan keterangan ketika dikonfirmasi di kantornya. Ia meminta wartawan agar langsung konfirmasi ke kepala dinas. "Untuk informasi dengan media harus sama beliau," katanya.

Saat yang bersamaa, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ainur Gufron saat dikonfirmasi mengaku sedang rapat. "Sedang rapat," tulis Gufron melalui WhatsApp kepada bangsaonline.com (uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...