Rabu, 08 April 2020 03:21

Dengan Catatan, 7 Fraksi Sepakat Lanjutkan Pembahasan Tiga Raperda Usulan Eksekutif

Selasa, 11 Februari 2020 20:16 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Agus Salimullah
Dengan Catatan, 7 Fraksi Sepakat Lanjutkan Pembahasan Tiga Raperda Usulan Eksekutif
Pimpinan Dewan menerima berkas pandangan umum fraksi-fraksi tentang pembahasan tiga Raperda usulan eksekutif.

KOTA BATU, BANGSAONLINE. com - Seluruh fraksi di DPRD Kota Batu yang berjumlah 7 fraksi sepakat menindaklanjuti pembahasan tiga Raperda yang diajukan eksekutif. Yakni Raperda tentang Penyerahan dan Pengelolaan Prasarana, Sarana dan Utilitas; Raperda Perubahan atas Perda No.16/2010 tentang Retribusi Pelayanan Pasar; dan Raperda tentang Perubahan atas Perda No.8/2010 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan daerah.

Kesiapan kalangan legislatif itu terungkap dalam penyampaian Pandangan Umum (PU) fraksi-fraksi di gedung DPRD Kota Batu, Selasa (11/2). Hadir dalam acara itu Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko dan Wawali Punjul Santoso, serta kepala SKPD di lingkungan Pemkot Batu.

"Kami dari Fraksi PDIP menerima tiga Raperda itu untuk dibahas. Kami melihat semua Raperda yang diajukan sangat penting diberlakukan di Kota Batu," ujar Khamim Tohari, anggota Fraksi PDIP, Selasa (11/2).

Hal senada juga diungkapkan H. Nur Ali, anggota Fraksi PKB. Menurutnya, FPKB menyambut baik adanya tiga Ranperda tersebut.

(H. Nur Ali, juru bicara Fraksi PKB menyampaikan pandangan umum fraksi)

"Pada prinsipnya Fraksi PKB sangat mendukung pengajuan tiga Raperda tersebut. Namun demikian, saya berharap jika nanti sudah diundangkan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," ujar Nur Ali.

Di tempat terpisah, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi mengungkapkan, seluruh fraksi di dewan telah sepakat untuk membahas tiga Raperda tersebut di pansus yang akan segera dibentuk.

"Karena tiga Raperda ini menyangkut hajat hidup orang banyak, maka seluruh fraksi di dewan setuju Raperda itu dibahas," ujar Asmadi.

Hanya saja dari tiga Raperda itu, Asmadi menyoroti Raperda tentang Penyerahan dan Pengelolaan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Perumahan. Menurutnya, perlu ada penyeragaman terkait aturan pemanfaatan fasilitas di kawasan perumahan, khususnya akses jalan untuk kepentingan masyarakat umum.

"Kita tahu, selama ini ada pengembang yang melarang prasarana jalan di kawasan perumahannya tidak boleh dilalui masyarakat umum. Kan tidak boleh seperti itu. Makanya, dengan Perda ini nanti kita atur semua demi kepentingan masyarakat banyak," ujarnya. (asa/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...