KPU Jatim: Bupati Faida Satu-satunya Petahana Maju Lewat Jalur Independen

KPU Jatim: Bupati Faida Satu-satunya Petahana Maju Lewat Jalur Independen Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jatim, Insan Qoriawan.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dari 19 kabupaten/kota seluruh Jawa Timur yang menggelar Pilkada 2020 mendatang, 14 di antaranya terdapat bakal calon (bacalon) peseorangan yang mendaftar ke kantor KPU masing-masing.

Menurut Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jatim Insan Qoriawan, beberapa wilayah yang terdapat bakal calon persorangan sampai saat ini ada 14 kabupaten/kota yang mengajukan username. Artinya bentuk dukungan kepada bacalon untuk maju dari jalur independen.

"Hingga saat ini, di (Kota) Surabaya sudah ada 5 (pendaftar), Jember 2, kemudian Lamongan dan Blitar (masing-masing) 2 bacalon," kata Insan di sela kegiatan rapat koordinasi KPU se Jawa Timur yang digelar di aula Kantor KPU Jember, Jumat (7/2/2020).

Namun demikian, kata Insan, jumlah pasti pendaftar belum dihitung totalnya. Di mana sosok pendaftar tersebut, dari berbagai kalangan. "Kalau yang saya tahu, yang meminta username (maju dari jalur independen) Jember itu petahana," kata Insan Qoriawan.

Sementara untuk di kabupaten/kota lain dari berbagai kalangan. Mereka bukan petahana. Ada yang dari tokoh-tokoh (masyarakat) lokal, politikus, ataupun lainnya. Insan juga menambahkan, dalam waktu dekat ini 19 KPU kabupaten atau kota di Jatim akan memasuki tahap verifikasi administrasi dan faktual.

Verifikasi tersebut dilakukan terhadap dokumen bukti dukungan bakal calon perseorangan.

"Di mana nantinya verifikasi itu, akan dilakukan beberapa tahap dan waktunya cukup lama untuk melewati tahapan tersebut. Perkiraan dimulai Maret ini dengan diawali verifikasi administrasi dan lanjut faktual," katanya. (ata/yud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO