Rabu, 21 Oktober 2020 08:57

Pakai Trawl, 2 Kapal Ikan Asal Gresik dan Lamongan Diamankan Polairud Polres Bangkalan

Kamis, 06 Februari 2020 19:37 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Subaidah
Pakai Trawl, 2 Kapal Ikan Asal Gresik dan Lamongan Diamankan Polairud Polres Bangkalan
Petugas Polairud Polres Bangkalan saat mengamankan kapal dan ABK.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Dua kapal asal Gresik dan Lamongan ditangkap Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polres Bangkalan karena kedapatan menangkap ikan di wilayah perairan Arosbaya menggunakan jaring trawl, Rabu (5/2).

Kasatpolair Polres Bangkalan AKP Ludwi Yarsa Pramono membenarkan penangkapan kedua kapal tersebut. Dikatakannya penangkapan ini terjadi ketika petugas satpolair melakukan patroli rutin di sekitar perairan Bangkalan bagian utara.

Dalam penangkapan ini, pihaknya berhasil mengamankan 9 orang awak kapal yang terdiri dari Gresik 4 orang dan 5 orang dari Lamongan.

"Hingga saat ini, kapal beserta awak kapalnya masih kami amankan di Satpolair Kamal guna penyelidikan dan pemeriksaan saksi-saksi sesuai dengan prosedur yang berlaku," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (6/2).

Di sisi lain, Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas Nelayan dan Pesisir Kecamatan Arosbaya, Bilal Kurniawan mengaku kejadian ini sudah terjadi berulang kali di wilayah perairan Arosbaya.

"Bahkan pihak kami sudah membuat surat perjanjian dengan nelayan Gresik dan Lamongan ini. Namun selalu dilanggar sepihak oleh mereka," ungkapnya.

Menurutnya, kehadiran kapal luar yang menangkap ikan menggunakan jaring trawl sangat meresahkan dan merugikan nelayan tradisional. Pasalnya, penggunaan jaring trawl ini merusak alat penangkap tradisional yang dimiliki oleh nelayan setempat.

Bilal berharap, penangkapan dua kapal beserta awaknya ini benar-benar ditindaklanjuti dengan tegas sesuai aturan yang berlaku.

"Karena sudah dua kali nelayan jaring trawl dilepas oleh Polairud dengan alasan pembinaan. Jadi untuk saat ini harus ditindak tegas biar ada efek jera bagi mereka dan lainnya yang akan melakukan tindakan serupa," pungkasnya. (ida/uzi/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...