Kamis, 29 Oktober 2020 00:37

Ratusan Siswa dan Pendidik Perguruan Ma'arif NU di Kota Blitar Salat Gaib untuk Gus Sholah

Senin, 03 Februari 2020 13:44 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Akina Nur Alana
Ratusan Siswa dan Pendidik Perguruan Ma
Para siswa dan pendidik Perguruan Ma'arif NU di Kota Blitar menggelar salat Gaib untuk Gus Sholah yang meninggal, Minggu (2/2/2020) malam.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ratusan siswa dan pendidik di Perguruan Ma'arif NU Kota Blitar menggelar salat gaib untuk Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) yang wafat pada Minggu 2 Februari 2020 malam.

Salat gaib dimulai sekitar pukul 12.00 WIB saat jam istirahat kegiatan belajar mengajar. Dimulai dengan salat dzuhur, para siswa dan guru kemudian melanjutkan dengan melakukan salat gaib ditutup dengan do'a bersama.

Muhamad Khoirul Mustain, pengasuh pondok pesantren putra di Perguruan Ma'arif NU mengatakan, meninggalnya KH. Salahuddin Wahid atau akrab disapa Gus Sholah menjadi kabar duka bagi Bangsa Indonesia. Utamanya bagi warga NU yang kehilangan salah satu tokoh NU.

"Kami sebagai lembaga pendidikan, sebagai santri di bawah naungan NU sangat merasa kehilangan dengan berpulangnya KH. Salahuddin Wahid. Untuk itu hari ini kami bersama-sama menggelar sholat gaib dan mendoakan beliau," terang Muhamad Khoirul Mustain.

Dia menambahkan, semasa hidup adik KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu dikenal aktif dalam dunia pendidikan, politik dan sebagai aktivis yang memperjuangkan hak asasi manusia (HAM).

"Yang paling berkesan bagi kami Gus Sholah itu bukan hanya kyai dan tokoh NU. Lebih dari itu beliau adalah salah satu tokoh yang sangat aktif di dunia pendidikan, politik maupun penegakan HAM. Kami berharap ke depan akan lahir tokoh-tokoh seperti beliau," terangnya.

Selain di Perguruan Ma'arif NU Kota Blitar sholat gaib sebelumnya juga digelar dilaksanakan oleh seluruh pelajar dan guru di MTsN 2 Blitar.

Salat gaib digelar seluruh pelajar dan guru sekitar pukul 09.30 WIB. Usai sholat gaib, digelar doa bersama yang dipimpin oleh Kepala MTsN 2 Blitar untuk mendoakan arwah Gus Sholah.

"Sholat gaib ini sebagai bentuk penghormatan kami kepada Gus Sholah. Beliau adalah sosok tokoh agama yang kharismatik dan menjadi panutan bagi kita," ungkap Kepala MTsN 2 Blitar, Sihabbudin. Sebelumnya Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga meminta seluruh warga Nahdliyyin melaksanakan salat ghoib untuk Gus Sholah. (ina/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...