Pemprov Jatim Buka Beasiswa Kuliah di Al-Azhar, Siapa yang Berminat?

Pemprov Jatim Buka Beasiswa Kuliah di Al-Azhar, Siapa yang Berminat? Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai tahun 2020 membuka Program Beasiswa Sarjana Strata 1 (S1) untuk kuliah di Universitas Al Azhar Kairo di Mesir. Program Beasiswa mahasiswa belajar ke negeri piramida ini merupakan satu-satunya yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi di Indonesia.

"Jawa Timur itu gudang pondok pesantren, maka program ke Al Azhar ini upaya mencetak ulama -ulama pagar Islam Moderat," kata Khofifah saat menerima Tim Seleksi Program Beasiswa yang diketuai Prof Abdul Kadir Riyadi di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (14/01).

Dalam pertemuan itu, perempuan yang juga Ketua Umum Muslimat NU ini memberikan pengarahan agar kesempatan bagi santri-pelajar lulusan setingkat Madrasah Aliyah atau SMA yang dikelola oleh pondok pesantren untuk mengikuti seleksi kuliah di luar negeri ini. Kepada tim seleksi, Khofifah berpesan agar memberikan pembekalan wawasan kebangsaan sebelum calon mahasiswa diberangkan ke Mesir.

Ketua Tim Seleksi Penerimaan Mahasiswa Beasiswa Jatim, Prof Abdul Kadir Riyadi mengatakan, proses seleksi ini sudah berjalan, mulai dari sosialisasi ke beberapa pondok pesantren di Jatim. Namun untuk masa pendaftaran yang sedianya sampai tanggal 20 Januari 2020, atas saran Khofifah maka masa diperpanjang hingga tanggal 10 Februari 2020.

"Atas saran dari Ibu Gubernur masa pendaftaran ditambah 20 hari lagi," jelas Dosen Pengajar Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO