Sabtu, 26 September 2020 12:59

Pemprov Jatim Buka Beasiswa Kuliah di Al-Azhar, Siapa yang Berminat?

Rabu, 29 Januari 2020 11:55 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Pemprov Jatim Buka Beasiswa Kuliah di Al-Azhar, Siapa yang Berminat?
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai tahun 2020 membuka Program Beasiswa Sarjana Strata 1 (S1) untuk kuliah di Universitas Al Azhar Kairo di Mesir. Program Beasiswa mahasiswa belajar ke negeri piramida ini merupakan satu-satunya yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi di Indonesia.

"Jawa Timur itu gudang pondok pesantren, maka program beasiswa ke Al Azhar ini upaya mencetak ulama -ulama pagar Islam Moderat," kata Khofifah saat menerima Tim Seleksi Program Beasiswa yang diketuai Prof Abdul Kadir Riyadi di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (14/01).

Dalam pertemuan itu, perempuan yang juga Ketua Umum Muslimat NU ini memberikan pengarahan agar kesempatan bagi santri-pelajar lulusan setingkat Madrasah Aliyah atau SMA yang dikelola oleh pondok pesantren untuk mengikuti seleksi kuliah di luar negeri ini. Kepada tim seleksi, Khofifah berpesan agar memberikan pembekalan wawasan kebangsaan sebelum calon mahasiswa diberangkan ke Mesir.

Ketua Tim Seleksi Penerimaan Mahasiswa Beasiswa Jatim, Prof Abdul Kadir Riyadi mengatakan, proses seleksi ini sudah berjalan, mulai dari sosialisasi ke beberapa pondok pesantren di Jatim. Namun untuk masa pendaftaran yang sedianya sampai tanggal 20 Januari 2020, atas saran Khofifah maka masa diperpanjang hingga tanggal 10 Februari 2020.

"Atas saran dari Ibu Gubernur masa pendaftaran ditambah 20 hari lagi," jelas Dosen Pengajar Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya.

(Ketua Tim Seleksi Program Beasiswa Al-Azhar, Prof Abdul Kadir Riyadi)

Program beasiswa ke Universitas Al Azhar ini disediakan kuota 50 mahasiswa. Persyaratan kualifikasi lulusan Aliyah atau SMA yang dikelola oleh pondok pesantren, hafal 2 juz Al Qur'an satu di antaranya juz 30, kemampuan bahasa Arab level 7 dan mampu membaca kitab kuning ukuranya Kitab Kifayatul Ahyar.

Proses seleksi ada tes tulis bahasa Inggris dan Arab serta tes wawancara oleh tim ahli yang dipimpin oleh Prof Mas'ud Said. Proses seleksi dengan melakukan penjaringan ke pondok-pondok pesantren.

Dipilihnya Al Azhar Kairo ini harapannya setelah lulus bisa menjadi ulama-ulama yang berpandangan moderat karena ada fenomena di Jatim berkembang arus pemikiran yang liberal dan konservatif.

"Lulusan dari Al Azhar ini nantinya menghasilkan ulama-ulama yang memberikan wawasan luas dan moderat serta tidak radikal," pungkas laki-laki yang juga lulusan Universitas Al Azhar ini. (kominfojtm/pustaka-jc)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...