Selasa, 25 Februari 2020 19:13

Tanya Jawab Islam: Apa Doanya Ingin Mimpi Anak Kesayangan yang Meninggal di Umur 6 Tahun

Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
 Tanya Jawab Islam: Apa Doanya Ingin Mimpi Anak Kesayangan yang Meninggal di Umur 6 Tahun
Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA.

>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assmlkum pak us tadzkirah, sy seorang ibu yg br saja kehilangan putri sy krn kanker getah bening, dia br berusia 6th, meskipun sangat berat tp saya Iklas krn sy yakin Allah lebih menyayanginya, Dan dia jauh lebih bahagia di Sana. Yg ingin sy tanyakan apakah ada amalan agar bisa bertemu dengan ruh anak saya di dalam mimpi karena saya Sangat rindu kepadanya..dan jika nanti sy meninggal apakah bs langsung bertemu dengannya?

Jawaban:

Memang sedih dan berat ketika seseorang ditinggal mati oleh putra/putrinya yang masih kecil, apalagi itu adalah anak satu-satunya. Ikhlas atas kepergiannya itu harus diterima, sabar dan tabah bahwa dia telah tiada juga harus dijalanai dengan baik, sebagai bentuk yakin atas takdir Allah swt, inilah yang terbaik menurut Allah swt.

Tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan ini bukan tanpa pahala. Allah telah menyiapkan pahala yang besar bagi hamba-hamba Allah yang bersabar, bahkan pahalanya tanpa batas, apalagi atas kehilangan putra dan putrinya.

Abu Musa al-Asy’ary melaporkan hadis bahwa Rasul bersabda: “Ketika putra dari hamba Allah meninggal, Allah berfirman kepada para malaikat; ‘Kalian telah mencabut nyawa putra hambaku’, Malaikat pun menjawab; ‘iya benar’, Allah berfirman lagi; ‘Kalian telah mencabut kegembiraan hatinya’, Malaikat menjawab; ‘Iya benar’. Kemudian Allah bertanya; ‘Apa yang diucapkan hambaku?’, mereka menjawab; ‘Ia memuji-Mu dan mengucapkan istirja’ (Ucapan Innalillahi wa inna ilaihi raji’un)’. Allah berfirman: ‘Bangunkanlah rumah di surga bagi hambaku ini, dan berilah nama baitu al-hamdi (rumah terpuji)”. (Hr. Turmuzi: 942)

Hadis ini memberikan pelajaran bahwa hamba yang ditinggal mati oleh anak kecilnya dan ia mampu tetap mengucapkan pujian kepada Allah dan bahkan mengucapkan kata istrija’, yaitu ucapan Inna lillahi wa Inna Ilaihi Rajiun, maka ia akan diberikan pahala bangunan rumah di surga.

Ketika para Muslimat ingin mempunyai waktu khusus untuk pengajian bersama Rasul, Rasul pun menurutinya, dan memberikan nasehat. Di antara nasehatnya adalah: “Perempuan manapun yang ditinggal mati tiga anaknya, mereka akan menjadi hijab (penghalang) dari masuk apa neraka’, lalu seorang perempuan bertanya, ‘kalau hanya dua ya Rasul?’, Rasul pun menjawab, ‘iya dua pun juga bisa (menjadi penghalang)’”. (Hr. Bukhari: 99. Muslim: 4786)

Anas bin malik juga melaporkan sebuah hadis bahwa Rasul bersabda: “Tidaklah seorang muslim yang ditinggal mati tiga anaknya yang belum dewasa kecuali Allah pasti akan memasukkannya ke surga karena rasa kasih sayang Allah kepada anak-anak tersebut”. (Hr. Bukhari: 1292).

Oleh sebab itu, jika disimpulkan dari beberapa hadis sahih (benar) di atas, ibu akan mendapatkan pahala yang besar tatkala ibu bersabar dalam musibah yang besar ini. Tak tanggung-tanggung pahala besar itu berupa surga. Dengan kata lain tabah dan sabar ibu saat ini akan diganti oleh Allah kelak dengan rumah di surga. Dengan bahasa lebih mudah lagi, Ibu sudah dijamin masuk surga jika bersabar dan tidak menyekutukan Allah (syirik).

Maka dari itu, tidak usah mencari amal-amal yang bisa bermimpu ketemu di dalam mimpi, sebab dengan bukti hadis di atas Ibu juga pasti akan bisa dipertemukan dengan putri Ibu di surga kelak. Doakan saja yang terbaik dan tawakkal kepada Allah, jika Allah memberikan mimpi bertemu bersyukurlah dan jika belum juga bermimpi bersabarlah, sebab kelak Ibu akan juga dipertemukan. Dan amalan untuk itu tidak ada. Wallahu a’lam. 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...