Minggu, 29 Maret 2020 07:19

Usai Presiden dan Gubernur Jatim, Giliran DPR RI Disurati Alpart Pamekasan Soal Harga Garam

Senin, 27 Januari 2020 18:12 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yeyen
Usai Presiden dan Gubernur Jatim, Giliran DPR RI Disurati Alpart Pamekasan Soal Harga Garam
Basri, Ketua Alpart menunjukkan surat yang dikirim kepada DPR RI agar pemerintah pusat memberikan perhatian terhadap harga garam.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Aktivis Pamekasan yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Peduli Rakyat (Alpart) menyurati DPR RI mempertanyakan merosotnya harga garam rakyat.

Sebelumnya, mereka telah beberapa kali melakukan aksi menuntut kenaikan harga garam, serta mengirim surat terbuka kepada Presiden dan Gubernur Jawa Timur pada tahun 2019 kemarin.

Basri, Ketua Alpart mengatakan surat tersebut berisi permintaan audiensi dengan Komisi VI DPR-RI di Jakarta. Ia meminta pemerintah pusat maupun daerah tidak lalai dalam tugasnya, yakni menjaga harga garam rakyat.

Menurut Basri, hal ini dilakukan semata-mata untuk mengawal harga garam yang merupakan kepentingan para petani garam, terutama di Kabupaten Pamekasan.

“Saya hanya ingin memastikan bahwa pemerintah pusat tidak harus tutup mata. Sebab Garam Madura sejauh ini belum juga terserap dan masih ribuan ton yang terbengkalai,” ucap Basri yang juga Pengurus Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jatim ini, Senin (27/1).

Ia memaparkan data dari Dinas Kelautan secara skala Nasional, bahwa sebanyak 454 ribu ton garam yang belum terserap, khususnya garam Madura. 

“Tentunya ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah, dan perlu kebijakan yang jelas terhadap penyerapan garam rakyat. Kemudian, impor garam yang harus diberhentikan. Jika perlu, pengawasan harus diperketat,” pungkasnya.

Dengan dilayangkannya surat tersebut, Ibas sapaan akrab Basri, berharap pemerintah bisa memberikan solusi terhadap kebijakan garam rakyat di Madura. (yen/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...