Ronny F. Sompie Tegaskan Tidak Ada Dualisme Pendapat Terkait Keberadaan Harun Masiku

Ronny F. Sompie Tegaskan Tidak Ada Dualisme Pendapat Terkait Keberadaan Harun Masiku Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie (kanan) saat mendampingi Irjen Kemenkumham Jhoni Ginting, memotong pita peresmian Kantor Imigrasi Kediri, Kamis (23/1/2020). foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Ronny F. Sompie membantah keras tudingan adanya dualisme pendapat terkait keberadaan Harun Masiku (HM) yang diduga sebagai penyuap mantan Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan.

"Saya tegaskan bahwa HM pada tanggal 7 Januari 2020 sudah kembali ke Indonesia. Kemarin (22/1) sore sudah saya sampaikan tidak ada lagi dua pendapat itu," kata Ronny F. Sompie usai mendampingi Irjen Kemenkumham Jhoni Ginting, meresmikan Kantor Imigrasi Kediri, Ponorogo, dan Pamekasan di Kantor Imigrasi Kediri, Kamis (23/1/2020).

Ronny mengaku juga sudah melaporkan hal ini kepada Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. "Saya sudah laporkan kepada Bapak Menteri, dan sekarang sudah kita luruskan terkait Pak HM. Intinya, beliau sudah di Indonesia dan untuk melakukan pencarian, itu sudah menjadi kewenangan dari KPK," tambah Ronny.

Sementara, pada 13 Januari 2020, Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang menyatakan Harun tercatat meninggalkan Indonesia menuju Singapura pada Senin (6/1/2020), atau dua hari sebelum OTT Wahyu Setiawan.

Sejak pernyataan itu dikeluarkan, Arvin mengatakan, Ditjen Imigrasi tidak mencatat kembalinya Harun ke Indonesia pada Selasa, 7 Januari 2020.

Sementara itu, pada hari yang sama, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengaku mendapat informasi bahwa HM di luar negeri, sehingga tidak ikut diamankan dalam OTT KPK. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO