Zainab Zuraidah: Menjaga Alam dan Pola Hidup Sehat Jadi Salah Satu Cara Turunkan Angka Stunting

Zainab Zuraidah: Menjaga Alam dan Pola Hidup Sehat Jadi Salah Satu Cara Turunkan Angka Stunting Ketua TP PKK Bangkalan Zainab Zuraidah (kanan) ketika memberikan penjelasan terkait Stunting di Bangkalan didampingi Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin, di pendopo setempat, Selasa (21/01/2019).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ketua TP PKK Bangkalan Zainab Zuraidah meminta masyarakat untuk menjaga alam dengan tidak mengotori lingkungan sekitar. Sebab, hal ini bisa menjadi salah satu cara menurunkan angka .

"Menjaga kebersihan alam kita dengan cara tidak mengotori lingkungan sekitar menjadi salah satu langkah penurunan angka . Mari jaga alam, maka otomatis alam akan menjaga kita," ujarnya di Monev Stunting dan Kematian Ibu dan Bayi (KIB) tahun 2020 di Pendopo Agung Bangkalan, Selasa (21/19/2020).

Dalam acara yang juga dihadiri Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin ini, Bunda Zainab -sapaan akrabnya- mengatakan bahwa angka di Kabupaten Bangkalan masih tinggi. Meski, di beberapa tahun terakhir ini ada tren penurunan.

Terhitung sejak bulan Agustus 2018, angka di Kabupaten Bangkalan mencapai lebih dari 3.000. Namun setelah, dilakukan timbang bulanan, pada tahun 2019 angka menurun menjadi 2.718.

"Penurunan ini bukan serta merta karena kinerja PKK, tapi, terjadi karena adanya sinergi lintas sektor terkait, Pemkab Bangkalan, Forkopimda, serta seluruh pimpinan OPD untuk menekan angka ," jelasnya.

Untuk terus menurunkan angka , pihaknya saat ini terus melakukan pengoptimalan posyandu untuk menunjang pola hidup sehat. Ia berharap, monitoring yang dilakukan Ketua TP PKK Jawa Timur di Bangkalan dapat memberikan motivasi para kader posyandu maupun pihak terkait dalam menekan angka

Senada disampaikan Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Imron yang hadir dalam kesempatan itu. Ia berharap datangnya Ketua TP PKK Jatim dapat membantu menurunkan angka di Bangkalan. Ia juga berpesan kepada muspika untuk ikut peran serta membantu menurunkan angka di wilayahnya masing-masing. (ida/uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO