Senin, 03 Agustus 2020 21:21

Zainab Zuraidah: Menjaga Alam dan Pola Hidup Sehat Jadi Salah Satu Cara Turunkan Angka Stunting

Selasa, 21 Januari 2020 16:15 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Subaidah
Zainab Zuraidah: Menjaga Alam dan Pola Hidup Sehat Jadi Salah Satu Cara Turunkan Angka Stunting
Ketua TP PKK Bangkalan Zainab Zuraidah (kanan) ketika memberikan penjelasan terkait Stunting di Bangkalan didampingi Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin, di pendopo setempat, Selasa (21/01/2019).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ketua TP PKK Bangkalan Zainab Zuraidah meminta masyarakat untuk menjaga alam dengan tidak mengotori lingkungan sekitar. Sebab, hal ini bisa menjadi salah satu cara menurunkan angka stunting.

"Menjaga kebersihan alam kita dengan cara tidak mengotori lingkungan sekitar menjadi salah satu langkah penurunan angka stunting. Mari jaga alam, maka otomatis alam akan menjaga kita," ujarnya di Monev Stunting dan Kematian Ibu dan Bayi (KIB) tahun 2020 di Pendopo Agung Bangkalan, Selasa (21/19/2020).

Dalam acara yang juga dihadiri Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin ini, Bunda Zainab -sapaan akrabnya- mengatakan bahwa angka stunting di Kabupaten Bangkalan masih tinggi. Meski, di beberapa tahun terakhir ini ada tren penurunan.

Terhitung sejak bulan Agustus 2018, angka stunting di Kabupaten Bangkalan mencapai lebih dari 3.000. Namun setelah, dilakukan timbang bulanan, pada tahun 2019 angka stunting menurun menjadi 2.718.

"Penurunan ini bukan serta merta karena kinerja PKK, tapi, terjadi karena adanya sinergi lintas sektor terkait, Pemkab Bangkalan, Forkopimda, serta seluruh pimpinan OPD untuk menekan angka stunting," jelasnya.

Untuk terus menurunkan angka stunting, pihaknya saat ini terus melakukan pengoptimalan posyandu untuk menunjang pola hidup sehat. Ia berharap, monitoring yang dilakukan Ketua TP PKK Jawa Timur di Bangkalan dapat memberikan motivasi para kader posyandu maupun pihak terkait dalam menekan angka stunting. 

Senada disampaikan Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Imron yang hadir dalam kesempatan itu. Ia berharap datangnya Ketua TP PKK Jatim dapat membantu menurunkan angka stunting di Bangkalan. Ia juga berpesan kepada muspika untuk ikut peran serta membantu menurunkan angka stunting di wilayahnya masing-masing. (ida/uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...