Rabu, 19 Februari 2020 23:54

Petrokimia Gresik Gelar Program Vokasi Diploma 1 Batch 2

Selasa, 21 Januari 2020 14:14 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Petrokimia Gresik Gelar Program Vokasi Diploma 1 Batch 2
Pembukaan program Vokasi Diploma 1 Batch 2 yang digelar oleh Petrokimia Gresik diikuti 273 peserta. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Petrokimia Gresik (PG), perusahaan solusi agro industri anggota holding Pupuk Indonesia membuka program vokasi diploma 1 (D1) Bacot 2 tahun 2019, di Wisma Kebomas, Selasa (21/1).

Direktur Utama Petrokimia Gresik (PG) Rahmad Pribadi menyatakan program ini merupakan kontribusi nyata Petrokimia Gresik dalam mendukung pemerintah untuk menciptakan SDM unggul sesuai dengan kebutuhan industri dan bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI.

"Total ada 58 peserta mengikuti program yang link and match dengan industri pada periode ini, di antaranya dari jurusan teknik kimia industri dan 24 orang dari jurusan pemasaran dan logistik," ujarnya.

Menurut dia, Petrokimia Gresik telah berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi 273 SDM melalui program vokasi Diploma 1, di mana periode tahun 2017 hingga 2018 diikut oleh 79 peserta jurusan teknik kimia industri.

Kemudian, batch 1 tahun 2019 sebanyak 73 peserta jurusan teknik kimia industri, 39 peserta jurusan teknik perawatan mesin, dan 24 peserta jurusan pemasaran dan logistik.

Selama mengikuti program, peserta tidak hanya dibekali dengan kemampuan hard competency,  tetapi juga soft competency. Metode pembelajaran dibuat dengan konsep 33 persen penyampaian materi di kelas dan 66,7 persen praktik di lapangan.

"Dengan konsep ini, ilmu yang didapat peserta lebih applicable ketika nanti diterapkan di Industri dan sesuai dengan konsep pendidikan vokasi yang bertujuan untuk menunjang penguasaan keahlian terapan tertentu," terangnya.

Sementara untuk meningkatkan program vokasi diploma 1, setiap akhir periode pendidikan peserta akan diuji melalui sertifikat badan nasional sertifikat profesi (BNSP).

Selain aktif menjalankan program vokasi diploma 1 dalam rangka penguasaan SDM Industri, Petrokimia Gresik juga berperan meningkatkan kompetensi SDM pendidikan vokasi menengah melalui kegiatan magang 6 bulan yang link and match dengan industri untuk pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK).

Program vokasi menengah diikuti oleh 150 siswa di tahun 2018, dan 151 pelajar dari seluruh Indonesia. Tidak hanya untuk siswa, Petrokimia Gresik juga memberikan kesempatan magang bagi guru SMK selama sebulan. Magang guru kali ini diikuti oleh 449 guru SMK dari seluruh tanah air di tahun 2018-2019.

Program ini diharapkan menghasilkan output yaitu link and match kurikulum dan bahan ajar di sekolah dengan dunia industri. "Pada tahun 2020, Petrokimia juga akan menjalankan program pengembangan SDM bekerja sama dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Pertanian," pungkas Rahmad Pribadi. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Rabu, 19 Februari 2020 12:00 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTentang meru...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...