Sabtu, 31 Oktober 2020 23:00

Sungai Sumput Sidoarjo Jadi Sungai Salju, Permukaan Dipenuhi Busa Putih

Sabtu, 18 Januari 2020 14:17 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Catur Andy Erlambang
Sungai Sumput Sidoarjo Jadi Sungai Salju, Permukaan Dipenuhi Busa Putih
Kondisi sungai yang dipenuhi busa setelah dam air. Panjang busa putih ini mencapai satu kilometer.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sungai di Desa Sumput Kecamatan Kota Sidoarjo, dipenuhi busa berwarna putih setinggi sekitar 50 Cm, dengan panjang sekitar 1 kilometer. Sontak kondisi ini membuat heboh warga sekitar sungai, Sabtu (18/1).

Busa berwarna putih seperti salju itu menutup permukaan sungai mulai dari Dum Sumput hingga kurang lebih 1 kilometer. Fenomena ini merupakan kali pertama terjadi di sungai itu. Banyak warga yang keheranan melihat fenomena tersebut.

Gatot (57), warga setempat, menceritakan, busa itu mulai muncul sejak Jumat (17/1/2020) dini hari. Keberadaan busa yang memenuhi sungai ini membuat warga merasa dirugikan. Karena sungai ini lokasi wisata lokal warga setempat.

"Kalau muncul nya sudah dua hari ini. Keberadaan busa putih sangat mengganggu aktivitas warga yang kebiasaannya melakukan mancing di sungai," cetus Gatot, Sabtu (18/1).

Warga berharap ada perhatian dari pemerintah setempat tentang peristiwa itu. Pasalnya, warga khawatir ikan-ikan yang disungai mati. Karena lokasi sungai ini merupakan tempat pemancingan warga sekitar bantaran sungai Sumput.

"Kami sudah sering mengingatkan, kalau ada yang pakai setrum untuk mencari ikan saja kami larang, ini sungainya malah dipenuhi salju palsu," terang gatot.

Sementara itu Plt Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Saifuddin yang akrab dipanggil Cak Nur memerintahkan DLHK untuk memeriksa sampel air, untuk memastikan apakah ada pencemaran atau tidak.

"Kami sudah kordinasi dan memerintahkan pihak DLHK Sidoarjo untuk melakukan pemeriksaan air di sungai yang dipenuhi busa tersebut. Kalau itu nantinya ada pelanggaran harus dilakukan penindakan," pungkas Cak Nur. (cat/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 31 Oktober 2020 19:03 WIB
BATU, BANGSAONLINE.com - Libur cuti bersama menyambung akhir pekan (long weekend) Oktober 2020 ini dimanfaatkan masyarakat mengunjungi beberapa tempat wisata. Salah satunya di Kota Wisata Batu.Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun memantau la...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...