Senin, 17 Februari 2020 22:02

Kades Pagendingan Gotong Royong Wujudkan Desa Wisata Bunga Tabebuya

Senin, 13 Januari 2020 19:35 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yeyen
Kades Pagendingan Gotong Royong Wujudkan Desa Wisata Bunga Tabebuya
Kades Pagendingan Rahmawati bersama warga, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas saat penanaman pohon Tabebuya.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Pagendingan, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan penanaman 300 pohon Tabebuya (bunga khas Negara Brasil) di sepanjang jalan lingkar desa setempat, Senin (13/01/20).

Kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan bagian rencana Pemdes Pagendingan untuk membangun kawasan wisata di desa setempat, di samping untuk penghijauan lingkungan.

"Awalnya kami terinspirasi dari ide Bu Risma yang menanam bunga tabebuya di daerah Surabaya," terang Kepala Desa Pagendingan, Rahmawati.

Dia memaparkan, penanaman ini juga untuk menghidupkan kembali slogan "Lakonah Lakonih, Kennengah Kennengih, Song Osong Lombhung" yang tujuannya kembali menghidupkan tradisi gotong royong.

Menurutnya, untuk membuat gebrakan dalam memajukan desa, harus melibatkan seluruh pihak serta lapisan pemuda. Sebab, tanpa kerja sama dari berbagai unsur, maka kemajuan desa tak akan maksimal. "Desa ini kan bukan miliki saya, tapi milik semua, makanya harus kerja sama," terangnya.

Rahmawati mengungkapkan, Pemdes Pagendingan memiliki rencana jangka panjang untuk menjadikan Desa Pagendingan sebagai Desa Wisata. Sejumlah program pembangunan yang telah disiapkan, yakni Wisata Kolam Pancing, Wisata Agro, Wisata Religi, dan Wisata Kafe Sawah.

"Untuk ikon yang kami ambil tentunya Desa Wisata Tabebuya, berikut didukung oleh tempat wisata lainnya sehingga menjadi desa wisata terpadu," jelasnya.

Ia menambahkan, gagasan desa wisata tersebut juga merupakan dukungan terhadap progam Bupati Pamekasan yang mencanangkan desa tematik, dan telah digagas pada Juni 2019 lalu. "Tentunya misi dan visi kami juga ke arah peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD) dan Peningkatan Sumber Daya Manusia," pungkas Rahmawati. (yen/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...