Kades Pagendingan Gotong Royong Wujudkan Desa Wisata Bunga Tabebuya

Kades Pagendingan Gotong Royong Wujudkan Desa Wisata Bunga Tabebuya Kades Pagendingan Rahmawati bersama warga, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas saat penanaman pohon Tabebuya.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Pagendingan, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan penanaman 300 pohon Tabebuya (bunga khas Negara Brasil) di sepanjang jalan lingkar desa setempat, Senin (13/01/20).

Kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan bagian rencana Pemdes Pagendingan untuk membangun kawasan wisata di desa setempat, di samping untuk penghijauan lingkungan.

"Awalnya kami terinspirasi dari ide Bu Risma yang menanam bunga tabebuya di daerah Surabaya," terang Kepala Desa Pagendingan, Rahmawati.

Dia memaparkan, penanaman ini juga untuk menghidupkan kembali slogan "Lakonah Lakonih, Kennengah Kennengih, Song Osong Lombhung" yang tujuannya kembali menghidupkan tradisi gotong royong.

Menurutnya, untuk membuat gebrakan dalam memajukan desa, harus melibatkan seluruh pihak serta lapisan pemuda. Sebab, tanpa kerja sama dari berbagai unsur, maka kemajuan desa tak akan maksimal. "Desa ini kan bukan miliki saya, tapi milik semua, makanya harus kerja sama," terangnya.

Rahmawati mengungkapkan, Pemdes Pagendingan memiliki rencana jangka panjang untuk menjadikan Desa Pagendingan sebagai Desa Wisata. Sejumlah program pembangunan yang telah disiapkan, yakni Wisata Kolam Pancing, Wisata Agro, Wisata Religi, dan Wisata Kafe Sawah.

"Untuk ikon yang kami ambil tentunya Desa Wisata Tabebuya, berikut didukung oleh tempat wisata lainnya sehingga menjadi desa wisata terpadu," jelasnya.

Ia menambahkan, gagasan desa wisata tersebut juga merupakan dukungan terhadap progam Bupati Pamekasan yang mencanangkan desa tematik, dan telah digagas pada Juni 2019 lalu. "Tentunya misi dan visi kami juga ke arah peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD) dan Peningkatan Sumber Daya Manusia," pungkas Rahmawati. (yen/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO