Senin, 24 Februari 2020 18:18

Siaga Bencana, Kodim 0816 Sidoarjo Gelar Apel Lintas Instansi dan Stakeholders

Jumat, 10 Januari 2020 23:18 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Siaga Bencana, Kodim 0816 Sidoarjo Gelar Apel Lintas Instansi dan Stakeholders
CEK: Wabup Nur Ahmad didampingi Danrem Bhaskara Jaya dan Dandim Sidoarjo meninjau peralatan penanggulangan bencana, Jumat (10/1). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kodim 0816 Sidoarjo menggelar apel kesiapsiagaan bencana Hidrometeorologi di Alun-alun Sidoarjo, Jumat (10/1) pagi.

Apel itu sebagai wujud persiapan dan kesiapan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana Hidrometeorologi.

Apel diikuti oleh ratusan peserta lintas instansi dan stakeholder terkait kebencanaan baik TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, Dishub, BPBD, Tagana, Pramuka, Mahasiswa, hingga organisasi masyarakat.

Dipimpin Wabup Nur Ahmad Syaifuddin, apel itu juga dihadiri Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Sudaryanto, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Mohammad Iswan Nusi, serta instansi terkait.

Dalam arahannya, Wabup menegaskan adanya apel gelar pasukan ini, konsolidasi akan lebih siap apabila terjadi bencana. "Namun demikian kita berharap itu (bencana, red) tidak terjadi. Upaya antisipasi harus tetap kita laksanakan sedini mungkin,” ungkap wabup.

Karena itu, untuk mengantisipasi potensi bencana alam, potensi kekuatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo mulai dari TNI, Polri, BPBD, Dinas Sosial, relawan, hingga masyarakat harus disiapkan.

“Agar semakin kuat dan menjadi tangguh dalam menghadapi ancaman bencana khususnya ancaman hidrometeorologi,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Sudaryanto, menurutnya, kesiapan prajurit TNI-AD, khususnya Kodim, dinilai penting untuk terus ditingkatkan.

Itu nanti akan melibatkan seluruh pihak, terutama peran Pemda, Polri dan masyarakat.

Selain kesigapan prajurit, dirinya pun juga mengimbau seluruh personelnya untuk aktif melakukan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait akan adanya perubahan cuaca, hingga kondisi yang terjadi di setiap daerah di Sidoarjo.

"Setiap pos harus memantau sekaligus melaporkan setiap perubahan kondisi maupun cuaca,” ungkap Kolonel Inf Sudaryanto.

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan apel didampingi Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Sudaryanto dan Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Mohammad Iswan Nusi melakukan pemeriksaan pasukan.

Lalu dilanjutkan pengecekan peralatan dan kendaraan operasional untuk menanggulangi bencana alam yang berpotensi terjadi saat musim hujan, yakni banjir dan puting beliung. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...