Selasa, 31 Maret 2020 23:03

Pasca OTT KPK, Pemkab Sidoarjo Tunggu Keputusan Soal Plt Bupati

Kamis, 09 Januari 2020 22:33 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Pasca OTT KPK, Pemkab Sidoarjo Tunggu Keputusan Soal Plt Bupati
JUMPA PERS: Wabup Nur Ahmad (berkopyah) saat konferensi pers pasca OTT KPK, Kamis (9/1). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo masih menunggu keputusan dari Mendagri dan Gubernur mengenai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati pasca KPK menetapkan Bupati Saiful Ilah sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap sejumlah proyek.

Penegasan itu disampaikan Wabup Nur Ahmad Syaifudin didampingi Sekda Achmad Zaini dan tiga Asisten Sekda, saat menggelar konferensi pers, di Kantor Pemkab Sidoarjo, Kamis (9/1).

"Saat ini kami masih menunggu keputusan dari Mendagri dan Gubernur. Jadi memang secara aturan, sebentar lagi turun surat untuk melaksanakan tugas-tugas sebagai pimpinan daerah," ucap Wabup Nur Ahmad Syaifuddin.

Sambil menunggu keputusan tersebut, Wabup Nur Ahmad menyatakan pemkab bakal melakukan evaluasi terhadap Kepala OPD yang kini ada masalah di KPK.

"Prinsipnya kami tidak akan berikan ruang kosong bagi setiap jabatan yang ada. Pasti ada yang bertanggung dan melaksanakan setiap tupoksi yang pelaksananya ada masalah," beber Wabup Nur Ahmad.

Itu ditegaskan Wabup Nur menjawab pertanyaan wartawan terkait Kepala OPD yang juga ditetapkan sebagai tersangka bersama Bupati Saiful Ilah.

Diketahui, KPK juga menetapkan tersangka kepada Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (PU-BMSDA) Sunarti Setyaningsih, PPKom Dinas PU-BMSDA Judi Tetrahastoto, Kabag ULP Sanadjihitu Sangadji (baru dilantik sebagai Kepala Dinas Kominfo).

Wabup menegaskan, saat ini pihaknya tetap melaksanakan program yang sudah diagendakan sebelumnya. Selain itu, ia juga memastikan semua pelayanan kepada masyarakat juga berjalan seperti biasanya. "Berbagai agenda pemerintahan juga tetap kami laksanakan," ungkap Cak Nur, panggilan karib Wabup Nur Ahmad Syaifuddin.

Kata Cak Nur, pihaknya saat ini menghormati proses hukum yang dilakukan KPK terhadap Bupati Sidoarjo dan tiga pejabat Pemkab Sidoarjo lainnya.

Bahkan jika ada yang dimintai sebagai saksi, maka pihaknya bakal kooperatif untuk mengikuti proses hukum yang berjalan itu.

"Soal rencana bantuan hukum, kalau memang ada aturan yang memperbolehkan untuk dilakukan pendampingan hukum, Pemkab akan menyiapkannya. Karena Pak Bupati itu bapak kita semua. Kami akan konsultasikan dengan bagian hukum tentang hal itu," tandasnya.

Cak Nur meminta kepada masyarakat Sidoarjo untuk tetap menjalankan aktivitasnya dan tidak terpengaruh dengan kejadian (OTT KPK) kemarin. Namun, ia juga mengingatkan agar peristiwa itu dijadikan sebagai introspeksi semua pihak agar ke depan menjadi lebih baik.

Selain itu, Cak Nur juga meminta para ASN tetap memberikan layanan kepada masyarakat secara profesional dan jujur. "Buat masyarakat Sidoarjo selalu tersenyum dengan layanan yang kita berikan. Kalau semua masyarakat tersenyum, maka pembangunan lancar dan baik," tandas politikus PKB ini. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...