Sabtu, 08 Agustus 2020 04:31

​Diduga Pesawat Jatuh di Teheran karena Diserang, Ditemukan Puing Roket Drone

Kamis, 09 Januari 2020 19:20 WIB
Editor: Choirul
​Diduga Pesawat Jatuh di Teheran karena Diserang, Ditemukan Puing Roket Drone
Puing pesawat. Aparat sedang mencari puing-puing barang bukti. foto: the sun

BANGSAONLINE.com - Pesawat Ukraina International Airlines yang jatuh di dekat Teheran, kemarin, diduga karena ditembak oleh misil drone. Ditemukan serpihan misil drone milik Rusia, tak jauh dari puing-puing pesawat yang meledak, dan menewaskan 176 orang di dalamnya.

Tragedi ini terjadi hanya beberapa jam setelah Teheran menembakkan setidaknya 15 rudal balistik di dua pangkalan AS di Irak.

Dan beberapa orang khawatir pesawat itu akan ditembak jatuh secara tidak sengaja oleh pertahanan udara Iran yang gelisah - meskipun pihak lain mencurigai adanya kerusakan teknis.

Foto yang tidak diverifikasi yang dibagikan di media sosial mengklaim memperlihatkan bagian-bagian dari rudal anti-pesawat yang diduga ditemukan di dekat lokasi kecelakaan, di kota Parand.

Ashkan Monfared memposting tweet gambar yang katanya diambil oleh seorang amatir. "Ia tidak memiliki pengetahuan tentang pentingnya cerita dan tidak tahu apa yang telah ia temukan," tulisnya dalam tweet.

"Ini adalah fragmen yang ditemukan di lokasi kecelakaan sebuah pesawat penumpang Ukraina yang jatuh di depan rumah seorang penduduk. 'Apakah pesawatnya terlihat seperti ini? Bukan roket?'," tambahnya.

Dia juga membandingkan gambar itu dengan kerucut hidung dari rudal darat-ke-udara Tor buatan Rusia.

Di sisi lain, warga mengaku mendengar suara keras datang dari pangkalan militer Parandak di sekitar waktu bencana.

Satu orang menulis tentang Twitter: "Saya adalah penduduk Parand dan dua hingga tiga menit sebelum pesawat jatuh, terdengar dua suara sangat keras dari garnisun Parandak."

Tetapi netizen lain membantahnya, dan menulis bahwa gambar itu bohong. “Apa sumber fotonya? Tidak memiliki konteks. Bisa dibawa ke mana saja,” cetus netizen.

Penyelidik Ukraina sekarang ingin mencari puing-puing rudal yang didugakan itu. Ini disampaikan Oleksiy Danylov, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional.

"Ukraina sedang melihat berbagai kemungkinan penyebab jatuhnya sebuah pesawat Ukraina, termasuk kemungkinan serangan rudal, tabrakan, ledakan mesin, atau terorisme," tulisnya dalam sebuah posting di Facebook.

Iran mengklaim "masalah teknis" berada di balik bencana, tetapi menolak untuk menyerahkan black box pesawat. Dikatakan pilot tidak membuat panggilan untuk meminta bantuan melalui radio dan sedang berusaha untuk kembali ke bandara ketika pesawat jatuh dari langit.

Namun berdasarkan keterangan Kementerian Luar Negeri Ukraina, pesawat yang dibeli tahun 2016 ini baru saja diperiksa dua hari yang lalu. Hanya saja, pejabat sebelumnya mengisyaratkan bahwa pesawat itu mungkin mengalami kerusakan mesin.

Tiga sumber Amerika, bersama dengan satu orang Eropa dan satu orang Kanada, mengatakan kepada Reuters penilaian awal badan-badan intelijen Barat adalah bahwa pesawat itu mengalami kerusakan teknis.

Ada bukti bahwa salah satu mesin jet International Airlines Ukraina mengalami kepanasan, kata sumber Kanada itu.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bersumpah untuk melakukan penyelidikan guna memastikan penyebab kecelakaan ini secara menyeluruh.

Black box pesawat telah ditemukan. Pejabat Iran mengatakan dalam kondisi rusak, tetapi data masih bisa diambil.

Pembuat mesin CFM mengecam klaim kecelakaan itu disebabkan oleh kegagalan mesin. Ia mengatakan masih terlalu dini untuk berspekulasi tentang apa yang ada di balik tragedi itu.

Kedutaan Teheran Ukraina pada awalnya menyalahkan kegagalan mesin, tetapi kemudian menghapus pernyataan itu, dan mengatakan itu tidak bisa secara resmi mengomentari penyebabnya sampai setelah penyelidikan.

Sumber: theguardian
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...