Senin, 24 Februari 2020 08:35

Kabupaten Kediri Ekspor Benih Jagung Manis ke Cina

Rabu, 08 Januari 2020 13:28 WIB
Editor: Redaksi
Wartawan: Muji Harjita
Kabupaten Kediri Ekspor Benih Jagung Manis ke Cina
Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dan Dirjen Holtikultura Prihasto Setyanto saat memberangkatkan armada yang akan mengirim benih jagung. (foto: Kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pasar dunia telah dimasuki oleh Kabupaten Kediri dengan diekspornya 40 ton benih jagung manis oleh PT Agri Makmur Pertiwi ke negara tujuan Cina.

40 ton benih jagung tersebut diangkut menggunakan truk peti kemas sebanyak 4 armada dari pabriknya di Desa Sambirejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri menuju Surabaya, untuk selanjutnya diangkut ke Cina menggunakan Kapal laut.

Menteri Pertanian RI yang diwakili oleh Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dan Direktur Utama PT. Agri Makmur Pertiwi Junaidi Sungkono memberangkatkan 4 armada tersebut.

Sebelum pelepasan benih jagung manis, Dirjen Hortikultura beserta rombongan berkeliling meninjau tempat produksi hingga laboratorium benih milik PT Agri Makmur Pertiwi. Tampak kekaguman di mata pak Dirjen beserta rombongan, ternyata di Kabupaten Kediri memiliki perusahaan besar yang bergerak di bidang perbenihan.

(Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dan Dirjen Holtikultura Prihasto Setyanto saat meninjau pabrik.  foto: Kominfo)

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Agri Makmur Pertiwi, Junaidi Sungkono mengatakan, kegiatan ekspor ini sudah berjalan 3 tahun. “Kami sangat senang bisa ekspor ke negara Cina, di mana sebaliknya, Cina juga salah satu negara yang mengekspor barang ke Indonesia. Untuk varietas jagung manis ini sudah diekspor 3 kali, dan akan terus kita tingkatkan. Sebenarnya kita juga sudah ekspor produk kami ke negara lain seperti Vietnam, Filipina, Malaysia, tapi jumlahnya sedikit,” terangnya.

Sebagai salah satu perusahaan benih di Kabupaten Kediri, pihaknya akan lebih bersemangat dan berinovasi untuk menciptakan varietas baru yang akan diterima oleh petani.

“Yang jelas kami perusahan benih yang berbasis riset. Semua akan berkompetisi dan yang menjadi pemenang adalah petani, karena petani memiliki banyak sekali pilihan. Benih dan harganya pun akan lebih bersaing lagi,” lanjut Junaidi.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrino memberikan apresiasi kepada PT. Agri Makmur Pertiwi yang telah berhasil menembus pasar luar negeri.

“Ekspor yang dilakukan oleh perusahaan ini memang sudah dilakukan selama 3 tahun dan setiap tahun terjadi peningkatan. Saya harapkan ekspor benih dari Kabupaten Kediri bisa lebih banyak lagi. Kedepannya tidak hanya benih tanaman saja, tetapi bisa produk lain yang kita ekspor keluar negeri dan kita akan terus berupaya mewujudkannya,” kata Bupati Kediri, seraya menambahkan bahwa dengan ekspor ini bisa dipastikan kualitas benih yang dihasilkan bagus dan akan berpengaruh pula pada para petani Kabupaten Kediri untuk meningkatkan produk pertaniannya.

Sementara itu Dirjen Holtikultura Prihasto Setyanto menjelaskan, penelitian-penelitian yang dilakukan perusahaan ini mampu menghasilkan benih-benih unggul yang berkualitas ekspor. “Dengan demikian benih yang dihasilkan memiliki daya saing jika dibandikan dengan perusahaan lain. Karena di Kementerian banyak sekali yang mengajukan ijin ekspor tapi kami saring dulu agar benih yang diekspor ini kualitasnya benar-benar kompetitif,” terang Dirjen Holtikultura Prihasto Setyanto, Selasa (7/1/2020). (kdr1/adv/kominfo)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...