Rabu, 28 Juli 2021 19:41

​Pohon di Surabaya Bertumbangan, Warganet Minta Salahkan Anies, Risma Diganti Ahok

Senin, 06 Januari 2020 17:42 WIB
Editor: Tim
​Pohon di Surabaya Bertumbangan, Warganet Minta Salahkan Anies, Risma Diganti Ahok
Pohon tumbang di Rungkut Asri Surabaya. Foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hujan deras disertai angin kencang melanda Jawa Timur. Namun yang terparah menimpa kawasan Sidoarjo dan Surabaya. Banyak pohon tumbang di Surabaya dan Sidoarjo. Sebagian pohon tumbang itu menimpa mobil.

Bahkan di beberapa kawasan di Surabaya listrik padam hampir tiga jam pada Ahad (5/1/2019) malam. Di antaranya di kawasan Ketintang, Gayungan, dan sekitarnya.

Kasi Ruang Terbuka Hijau DKRT Kota Surabaya, Rokhim, mengakui banyak pohon tumbang di beberapa titik di Surabaya. Menurut dia, ini akibat hujan deras disertai disertai angin kencang pada Minggu (5/1/2020), sekitar pukul 15.30 WIB.

Dari data yang dihimpun petugas DKRTH, kata dia, total ada 13 titik pohon tumbang. Petugas DKRTH dibantu beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, dikerahkan ke lokasi kejadian.

BACA JUGA : 

Tersentuh Mayat Dibisniskan, Andreas Gratiskan Pembakaran Mayat, Gubernur Ini pun Sigap

Sebut Puan-Anies Capres, Christianto Wibisono, Pengusul Judi di DKI Jaman Ali Sadikin Meninggal

K​ini para Tionghoa Operasi Lutut di Kampung Arab Surabaya, Tidak Lagi di Singapura

Hujan dan Angin Landa Kediri, Pohon Trembesi Besar Tumbang Timpa Tiga Warung

"Total ada 13 lokasi sementara ini. Seperti di Jalan A. Yani itu ada 3 titik, Nginden, Gunung Anyar, Lakarsantri, dan Pondok Maritim. Tadi sepertinya bertambah lagi. Ini laporannya masih jalan terus," kata Rokhim dikutip Radio Suara Surabaya.

Dalam peristiwa pohon bertumbangan ini, penampilan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) tak terlalu tampak ke publik. Beda sekali dengan peristiwa terbakarnya Toko Elektronik UFO di Jalan Kertajaya 149 Surabaya. Saat itu media secara serentak memberitakan keterlibatan Risma dalam mengomando pemadam kebakaran.

Bahkan, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto langsung melansir rilis kepada media, mengapresiasi kinerja Risma.

"Menghadapi kebakaran UFO Elektronik yang berpotensi merambat ke kampung sekitar, Bu Risma bertindak cepat, paham skala prioritas, dan kerja detail dengan rantai komando yang jelas, spesifik, dan hadir langsung di tengah lapangan sehingga memberi semangat bagi seluruh aparatnya untuk bekerja dengan disiplin dan berdedikasi. Ini adalah keteladanan seorang pemimpin," kata Hasto kala itu, Sabtu (28/12/2019).

Hasto juga langsung menyindir Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan. "Ada pemimpin yang hanya pintar berkata-kata, bermain logika, namun tidak paham detail, sehingga anggaran rakyat dipakai untuk belanja yang tidak tepat sebagaimana terjadi dengan kasus Aica-Aibon beberapa waktu yang lalu," katanya dilansir media di Surabaya.

Benarkah Risma tak muncul? Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya M Fikser, Risma siaga sejak langit Surabaya mendung. Ia menunjukkan video Humas Pemkot yang menampilkan Risma berada di tengah jalan di antara pengendara sepeda motor. “Ibu sudah beri instruksi kepada BPB LInmas sampai DKRTH,” ujar M Fikser.

Fikser mengatakan, lokasi yang disisir Risma di antaranya di Jalan HR Muhammad, Jemur Andayani, dan Ahmad Yani. Di Wonokromo, ia ikut membantu mengatur lalu lintas. "Di Wonokromo Ibu juga meminta pembenahan kabel di sekitar sana," kata mantan Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya itu.

Meski demikian warganet tetap ramai terkait pohon-pohon di Surabaya yang tumbang. Mereka menyindir para pendukung Risma - termasuk PDIP dan PSI - agar segera menyalahkan Anies Baswedan. Di bawah ini beberapa celotehan warganet terkait pohon-pohon yang tumbang di Surabaya:

“Aniss lg yg disalahin…ngga bisa mengatur hembusan angin…wkwka,” tulis Faqih Yitno

“Ganti risma dengan ahok, pasti tidak ada pohon tumbang,” tulis Sueb.

“Ini ulah si Anis lagi yang gak bisa kerja selama ini…dia bikin pohon2 pada bertumbangan…laporkan Anis ke polisi…,” tulis akun Yunindra.

“Ayo tebakan, pasti pdip psi dan kaum penyinyir lainnya pada nyalahin anies..Bangun tidur tong..move on. Dendam koq kamu gedein…” tulis Agus Sumedi

“Kok mbok Risma gak ikut potongi pohon yang tumbang?,” tulis effendilw slawatsrg

“Makanya jgn terus2an muji bu risma, jadi kasihan tuh Surabaya lgs dikasih ujian, klo spt ini mau nyalahin siapa, bu risma atau alam, atau bahkan Tuhan??,” tulis InaZZ.

“Harusnya di awal bln desember semua pohon dipangkas berat biar biar ga tumbang. Jdi aman bagi masyarakat pengguna mobil,” tulis Putrawan.

“Buzzer bayaran peliharaan ahok pada nyilem di lumpur nih,” tulis hunter.

“Terlalu over, ada petugas kepolisian yang tugasx ngatur lalu lintas, klo mau terlibat tingl kasi pengarahan aja,” tulis Aries.

“Ibu ini lama2 terlalu lebay dan terbongkar pencitraannya..yg lucu lg kmrn manusia kok di sembah sujudin, nyembah tuh Tuhan Alloh SWT bukan manusia,” tulis Aleshan Qaneyta.

Namun ada juga yang memuji Risma. “Ya Allah …bu Risma hebaat sekali. Pantas jadi calon presiden 2024. Semangatnya luar biasa. Salam hormat bu,” tulis Sri Handyani.

“Bravo Bu Risma,” tulis Sutan. Dan banyak yang lain lagi. (tim)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...