​Pohon di Surabaya Bertumbangan, Warganet Minta Salahkan Anies, Risma Diganti Ahok

​Pohon di Surabaya Bertumbangan, Warganet Minta Salahkan Anies, Risma Diganti Ahok Pohon tumbang di Rungkut Asri Surabaya. Foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hujan deras disertai angin kencang melanda Jawa Timur. Namun yang terparah menimpa kawasan Sidoarjo dan Surabaya. Banyak di Surabaya dan Sidoarjo. Sebagian itu menimpa mobil.

Bahkan di beberapa kawasan di Surabaya listrik padam hampir tiga jam pada Ahad (5/1/2019) malam. Di antaranya di kawasan Ketintang, Gayungan, dan sekitarnya.

Kasi Ruang Terbuka Hijau DKRT Kota Surabaya, Rokhim, mengakui banyak di beberapa titik di Surabaya. Menurut dia, ini akibat hujan deras disertai disertai angin kencang pada Minggu (5/1/2020), sekitar pukul 15.30 WIB.

Dari data yang dihimpun petugas DKRTH, kata dia, total ada 13 titik . Petugas DKRTH dibantu beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, dikerahkan ke lokasi kejadian.

"Total ada 13 lokasi sementara ini. Seperti di Jalan A. Yani itu ada 3 titik, Nginden, Gunung Anyar, Lakarsantri, dan Pondok Maritim. Tadi sepertinya bertambah lagi. Ini laporannya masih jalan terus," kata Rokhim dikutip Radio Suara Surabaya.

Dalam peristiwa pohon bertumbangan ini, penampilan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) tak terlalu tampak ke publik. Beda sekali dengan peristiwa terbakarnya Toko Elektronik UFO di Jalan Kertajaya 149 Surabaya. Saat itu media secara serentak memberitakan keterlibatan Risma dalam mengomando pemadam kebakaran.

Bahkan, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto langsung melansir rilis kepada media, mengapresiasi kinerja Risma.

"Menghadapi kebakaran UFO Elektronik yang berpotensi merambat ke kampung sekitar, Bu Risma bertindak cepat, paham skala prioritas, dan kerja detail dengan rantai komando yang jelas, spesifik, dan hadir langsung di tengah lapangan sehingga memberi semangat bagi seluruh aparatnya untuk bekerja dengan disiplin dan berdedikasi. Ini adalah keteladanan seorang pemimpin," kata Hasto kala itu, Sabtu (28/12/2019).

Hasto juga langsung menyindir Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan. "Ada pemimpin yang hanya pintar berkata-kata, bermain logika, namun tidak paham detail, sehingga anggaran rakyat dipakai untuk belanja yang tidak tepat sebagaimana terjadi dengan kasus Aica-Aibon beberapa waktu yang lalu," katanya dilansir media di Surabaya.

Benarkah Risma tak muncul? Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya M Fikser, Risma siaga sejak langit Surabaya mendung. Ia menunjukkan video Humas Pemkot yang menampilkan Risma berada di tengah jalan di antara pengendara sepeda motor. “Ibu sudah beri instruksi kepada BPB LInmas sampai DKRTH,” ujar M Fikser.

Fikser mengatakan, lokasi yang disisir Risma di antaranya di Jalan HR Muhammad, Jemur Andayani, dan Ahmad Yani. Di Wonokromo, ia ikut membantu mengatur lalu lintas. "Di Wonokromo Ibu juga meminta pembenahan kabel di sekitar sana," kata mantan Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya itu.

Meski demikian warganet tetap ramai terkait pohon-pohon di Surabaya yang tumbang. Mereka menyindir para pendukung Risma - termasuk PDIP dan PSI - agar segera menyalahkan . Di bawah ini beberapa celotehan warganet terkait pohon-pohon yang tumbang di Surabaya:

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video '3 Mobil dan Becak Motor Tertimpa Pohon Tumbang di Makassar':