Minggu, 05 April 2020 10:16

Penyebab Lantai Ruang UKS SDN Tropodo Panas, Ternyata Ada Aliran Listrik

Jumat, 03 Januari 2020 18:33 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Penyebab Lantai Ruang UKS SDN Tropodo Panas, Ternyata Ada Aliran Listrik
Garis polisi dipasang saat tukang membongkar lantai yang panas di ruang UKS SDN Tropodo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - SD Negeri Tropodo di Kecamatan Krian, Sidoarjo, mendadak heboh karena lantai ruangan UKS tiba-tiba hangat, bahkan panas. Hal ini juga menarik perhatian Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Bahkan Wakil Bupati Sidoarjo Nur Achmad Saifuddin sampai mendatangi sekolahan. Ia didampingi oleh Kepala DLHK Sidoarjo Sigit Setyawan datang di sekolahan sekitar pukul 09.00 WIB. Tiba di lokasi, rombongan wabup langsung mengecek ruang UKS yang lantainya panas.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Achmad Saifuddin yang akrab dipanggil Cak Nur langsung memegang lantai yang panas, Cak Nur mengaku memang benar panas.

"Panasnya cukup lumayan, agar tidak menjadi polemik berkepanjangan lebih baik di bongkar," kata Cak Nur kepada wartawan di lokasi SD Negeri Tropodo Krian Sidoarjo, Jum'at (3/1/2020).

Cak Nur menambahkan, pembongkaran itu untuk mengetahui penyebab panasnya lantai ruang UKS itu. Sebab, lokasi ini adalah lokasi sekolahan yang setiap hari banyak siswa-siswi yang melakukan kegiatan belajar.

"Saat dilakukan pembongkaran lantai yang panas, keluar asapnya. Dari pihak DLHK melakukan pengukuran suhu, terpantau suhunya naik terus mencapai 44 celajat," tambah Cak Nur.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala DLHK Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, setelah lokasi tersebut dibongkar hingga mencapai kedalaman 40 Cm, terlihat kabel arde aliran listrik. Kabel tersebut saat tersentuh linggis mengeluarkan percikan, seperti korsleting listrik.

"Setelah tim kami dari PJU melakukan pengecekan, ternyata kabel arde tersebut ada aliran listrik. Seharusnya kabel arde tidak ada aliran listrik," kata Sigit.

Selanjutnya, kabel tersebut dilakukan perbaikan oleh petugas PJU. Diduga bahwa pemasangan instalasi listrik di Sekolahan SD Negeri Tropodo Kecamatan Krian Sidoarjo itu kurang sempurna. Untuk sementara kabel arde yang di ruang UKS tersebut diputus.

"Semoga penyebab lantai panas di ruang UKS hanya dari aliran listrik yang salah. Untuk sementara kabel tersebut diputus," pungkas Sigit. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...