Selesai Perbaikan Server, Dispendukcapil Tuban Sudah Bisa Cetak "Suket" Pengganti KTP

Selesai Perbaikan Server, Dispendukcapil Tuban Sudah Bisa Cetak "Suket" Pengganti KTP Plt Kepala Dispendudukcapil Tuban, Anita Cetrawati.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Setelah adanya perbaikan hard disk server penyimpan data pada 31 Desember 2019 lalu, kini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Tuban sudah bisa kembali mencetak Surat Keterangan (Suket) atau pengganti KTP.

Plt Kepala Dispendukcapil Tuban, Anita Cetrawati mengungkapkan, sebelumnya pelayanan KTP sempat tertunda, karena mesin trouble. Namun, sejak diperbaiki di Jakarta, mesin tersebut sudah bisa digunakan kembali untuk mem-back up data dan cetak suket.

"Mesin atau server ini memang dari pusat, jadi penyediaan onderdilnya juga dari pusat," papar Anita, Kamis (2/1).

Perempuan energik ini menambahkan, server tersebut sudah ada sejak tahun 2012, sehingga wajar jika mengalami masalah.

"Alat ini dadatangkan dari pusat sejak diberlakukan KTP Elektronik dan piranti ini satu-satunya yang dipakai di Disdukcapil. Kami kira di daerah lain pun sama, juga akan sedikit trouble, karena memang usianya sudah tua," terangnya.

Ditanya terkait pengadaan blanko KTP dari pusat, Anita juga mengungkapkan masalah yang sama, yakni adanya keterbatasan pasokan. Sehingga, pihaknya saat ini hanya bisa mencetak suket. Untuk itu, ia meminta masyarakat Tuban bersabar menunggu kiriman blanko dari pusat.

"Kalau pengadaan blanko KTP kita memang menunggu kiriman dari pusat. Tapi, kalau blanko KIA, stok kami masih banyak," pungkasnya.

Diketahui, sebelumnya banyak masyarakat yang mengeluh kepada Disdukcapil Tuban lantaran tidak bisa mencetak suket. Bahkan, untuk mencetak suket harus menunggu hingga beberapa hari. Tetapi, sejak perbaikan selesai pada 31 Desember 2019 lalu, kini Disdukcapil Tuban kembali bisa mencetak Suket. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Bocah di Tuban ini Punya Nama 19 Suku Kata, Orang Tua Kesulitan Urus Akta Lahir':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO