Senin, 17 Februari 2020 22:18

Warga Jember Ikut Lihat Fenomena Gerhana Matahari Gunakan Mika, Begini Caranya

Kamis, 26 Desember 2019 13:36 WIB
Editor: .
Wartawan: Muhammad Hatta
Warga Jember Ikut Lihat Fenomena Gerhana Matahari Gunakan Mika, Begini Caranya
Sejumlah warga Jember saat mencoba melihat gerhana matahari cincin.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Peristiwa Gerhana Matahari Cincin yang terjadi pada hari ini, 26 Desember 2019, menyedot perhatian masyarakat di seluruh Indonesia. Gerhana Matahari yang merupakan peristiwa terhalangnya sinar matahari oleh bulan, sehingga menyebabkan tidak semua sinar matahari sampai ke bumi, juga bisa dilihat di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Sekitar pukul 12.57 WIB, prosesi gerhana matahari tersebut sampai pada puncaknya. Matahari tampak seperti bulan sabit. "Saya tahunya informasi ada gerhana matahari dari televisi mas, ini mencoba melihat, tapi pakai alat seadanya," kata salah seorang warga Kecamatan Sumbersari, Yunardianto saat dikonfirmasi wartawan.

Pria yang akrab dipanggil Yunardi ini mengaku tidak memiliki teropong khusus untuk melihat proses terjadinya Gerhana Matahari Cincin tersebut. "Jadi saya sedikit bereksperimen menumpuk 6 lembar kertas mika. Yang warna biru 2 lembar, merah 2 lembar, hijau, dan bening 1 lembar. Terlihat dan mataharinya mirip bulan sabit sekarang mas," jelasnya.

Apa yang dilakukan oleh Yunardi juga diikuti oleh warga lainnya, David Nuril Nugraha. David mengaku penasaran seperti apa proses terjadinya Gerhana Matahari Cincin tersebut.

"Ini ikut-ikut dan juga penasaran. Mau lihat langsung (dengan mata telanjang) kan berbahaya. Jadi ya menggunakan kertas mika yang ditumpuk ini. Subhanallah ternyata kebesaran Tuhan, fenomena langka ini bisa saya lihat langsung," ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, fenomena Gerhana Matahari Cincin ini tak hanya Indonesia, beberapa wilayah lainnya juga akan dilewati Gerhana Matahari Cincin hari ini.

Yakni Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilanka, Samudra Hindia, Singapura, Malaysia, dan Samudera Pasifik.

Sementara wilayah yang bisa menyaksikan Gerhana Matahari sebagian adalah Afrika bagian Timur, seluruh wilayah Asia, Samudra Hindia, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik.

Untuk di Indonesia, diketahui ada 25 kabupaten/kota yang dapat mengetahui proses terjadinya Gerhana Matahari Cincin itu. (ata/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...