Rabu, 01 April 2020 15:54

Lelang Jabatan Pemkot Pasuruan: Diduga Ada Peserta Tak Penuhi Syarat Lolos Assessment

Kamis, 26 Desember 2019 12:55 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Supardi
Lelang Jabatan Pemkot Pasuruan: Diduga Ada Peserta Tak Penuhi Syarat Lolos Assessment
Kantor BKD Kota Pasuruan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aroma pengondisian dalam lelang 7 jabatan kepala OPD yang digelar Pemkot Pasuruan mulai tercium. Diduga ada sejumlah pejabat yang tak memenuhi syarat, namun dipaksakan lolos assessment.

Hal ini diungkapkan salah satu kepala OPD Pemkot Pasuruan, yang meminta namanya dirahasiakan. Menurutnya, lelang jabatan seharusnya mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Namun, rumor yang berkembang di kalangan pejabat pemkot, penentu kebijakan bingung dengan pengisian Jabatan Tinggi Pratama. Pasalnya, ada pejabat lulusan IPDN yang diduga diprioritaskan lolos assessment, meski seharusnya tidak memenuhi syarat.

"Mereka tidak pernah menjabat di OPD seperti yang persyaratkan oleh panitia pelaksana. Syarat tersebut, di antaranya, memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama 5 (lima) tahun," ungkapnya.

“Yang paling gak masuk akal Nyoman Suwasti, sekarang menjabat kepala ULP (Unit Layanan Pengadaan) Kota Pasuruan melamar sebagai kepala Dinas DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana), dan Imam Subekti medaftar sebagai Kepala Dinas Perikanan. Keduanya tidak pernah sekalipun duduk jadi pejabat di masing-masing dinas tersebut,” katanya.

Ia menduga, BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Kota Pasuruan masih bingung dengan lolosnya dua calon kepala dinas dalam tiga besar hasil assessment dan tidak bisa diganggu gugat.

"Jika kedua pejabat itu lolos sesuai harapan dan pilihannya duduk sebagai kepala dinas yang dilamar, sangat ajaib. Artinya, 'main' lobi-lobi dan membangun kedekatannya dengan penentu kebijakan patut diacungi jempol. Alasannya, keduanya tidak sesuai persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana assessement," cetusnya.

Di sisi lain, pelantikan atau pengambilan sumpah jabatan untuk 7 kepala OPD yang dilelang dan sudah ditetapkan antara tgl 29-30 Desember mendatang, tampaknya bakal ditunda. Informasi yang dihimpun, panitia seleksi terbuka pengisian Jabatan Tinggi Pratama Kota Pasuruan yang dipimpin Ketua Panitia Tauchid Djatmiko, S.H., M.Si, diduga belum siap.

Terkait hal ini, Kepala BKD Pemkot Pasuruan Taufik belum bisa ditemui untuk dikonfirmasi. Saat didatangi di kantornya, yang bersangkutan sedang tidak di tempat. Menurut keterangan resepsionis, Taufik sedang dipanggil Sekda, Bahrul Ulum.

"Bapak sedang dipanggil pak Sekda dengan koordinator IPDN yang ikut seleksi," ujarnya. (par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...