Sabtu, 26 September 2020 11:06

Pastikan Pasokan BBM di SPBU Tol Aman, Pertamina Gulirkan 3 Program Besar

Rabu, 25 Desember 2019 23:26 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zahrotul Maidah
Pastikan Pasokan BBM di SPBU Tol Aman, Pertamina Gulirkan 3 Program Besar
Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas'ud Khamid didampingi GM Pertamina Marketing Operation Region V Jatim Balinus Werry Prayogi saat memantau penyaluran BBM di jalur Tol Trans Jawa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari Raya Natal 2019 dan jelang Tahun Baru 2020, Pertamina memastikan seluruh unit operasi siap melayani, sekaligus berbagi dan mengedukasi masyarakat.

Hal tersebut disasar Pertamina bukan hanya yang sedang merayakan Natal tetapi juga yang menikmati liburan bersama keluarga.

Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas'ud Khamid menjelaskan, setiap tahun, Pertamina selalu mengaktifkan satgas menjelang hari besar keagamaan yang memiliki waktu libur panjang, seperti Ramadan, Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru.

"Biasanya kami menggulirkan tiga program besar, yaitu Pertamina Melayani, Pertamina Mengedukasi, dan Pertamina Berbagi. Kali ini, kami juga melakukan hal yang sama," ujar Mas'ud di sela-sela kunjungannya selama dua hari (24 dan 25, red) memantau penyediaan BBM di SPBU sepanjang Tol Trans Jawa.

Untuk melayani kebutuhan energi, lanjut Mas’ud, Pertamina telah memastikan pasokan BBM dan LPG aman dan mencukupi di setiap wilayah.

Saat mengunjungi SPBU 51.632.22 Rest Area KM575A - Ngawi, ia langsung mengecek kondisi pendistribusian BBM. Data dari pengelola SPBU menunjukkan bahwa terjadi lonjakan konsumsi dari kondisi normal sekitar 11.3 Kiloliter (KL) per hari menjadi 44 KL dengan prosentase kenaikan tertinggi pada produk BBM unggulan seperti Pertamax Turbo yang naik 230%, Pertamax (500%), Pertamina Dex (700%), dan Dexlite (300%), Pertalite (430%), dan Biosolar (150%).

“Secara nasional, volume BBM yang disediakan pun meningkat. Untuk gasoline sekitar 3,5-4% dari pasokan normal, gasoil 7%, sedangkan di jalan tol yang menjadi jalur utama mudik dinaikkan mencapai 16-25%,” ungkap dia.

Pada kunjungan di SPBU Trans Jawa tersebut, Mas'ud juga memastikan layanan tambahan tersedia pada setiap titik rest area di ruas Tol Trans Jawa. Layanan tersebut meliputi SPBU Kantong di 123 titik, 200 Pertamina Delivery Service di 19 titik, dan Kiosk Pertamax sebanyak 4 titik.

Layanan ini di luar fasilitas Pertamina pada jalur utama mudik yakni jalur Pantura (Pantai Utara) Arteri sebanyak 219 SPBU, Jalur Pansela (Pantai Selatan) sebanyak 77 SPBU, Jalur Tol Jawa 72 SPBU, Jalur Tol Sumatera 14 SPBU dan Jalur Tol Kalimantan 1 SPBU.

"Selain menyiagakan energi di kota-kota jalur mudik, Pertamina juga menyiapkan kantong-kantong BBM di sekitar tujuan wisata dan spot-spot yang menjadi tujuan bermalam tahun baru," imbuhnya.

Untuk melengkapi layanan dengan ketersediaan pasokan yang cukup, Pertamina juga mengedukasi masyarakat dengan memaksimalkan implementasi cashless payment untuk melakukan transaksi di SPBU.

“Untuk mengedukasi, tahun ini kami dorong agar masyarakat menggunakan sistem pembayaran cashless. Karena itu, setiap SPBU di jalur mudik kami siapkan sarana untuk pembayaran nontunai. Selain mudah, ini juga demi keamanan konsumen selama perjalanan liburan," jelasnya.

Menurut GM Pertamina Marketing Operation Region V Jatim Balinus Werry Prayogi yang ikut memantau penyaluran BBM di jalur tol Trans Jawa, pada momentum Natal 2019 ini, Pertamina juga berbagi kebahagian kepada masyarakat.

Melalui Marketing Operating Region V wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Pertamina memberikan bantuan berupa paket tas dan alat tulis untuk Panti Asuhan Rumah Kasih Debora dan Panti Asuhan Bhakti Luhur.

Selain itu juga diberikan dana santunan untuk Panti Jompo Wisma Asih dan Panti Asuhan. Bantuan juga diberikan kepada rumah ibadah berupa sembako dan inventaris untuk Gereja Immanuel, serta bantuan 6 Gereja di Nusa Tenggara Timur dengan total Rp 1,2 miliar.

“Ini bentuk kepedulian perusahaan pada masyarakat yang sedang merayakan Natal dan Tahun Baru. Kami berharap bantuan ini dapat meningkatkan kualitas beragama penerima manfaat,” pungkasnya. (mid/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...