Geliatkan Ekonomi Lokal, Plt Bupati Mojokerto Resmikan Pasar Rakyat Trowulan

Geliatkan Ekonomi Lokal, Plt Bupati Mojokerto Resmikan Pasar Rakyat Trowulan Plt Bupati Pungkasiadi meresmikan Pasar Rakyat Trowulan.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Warga Kecamatan Trowulan merasa bangga dengan berdirinya pasar rakyat sebagai penopang pertumbuhan perekonomian di seluruh wilayah Trowulan. Berbagai macam hiburan, seperti halnya, kesenian pencak silat, bantengan, dan musik dangdut ikut meramaikan peresmian pasar rakyat trowulan. 

Acara hiburan yang digelar selama dua hari, mulai tanggal 23 sampai dengan 24 Desember 2019 ini disambut antusias dari warga Trowulan dan sekitarnya.

Plt Bupati Mojokerto Pungkasiadi hadir dalam acara ini. Ia tiba pukul 20.30 WIB dan langsung menuju stan-stan pasar dan UMKM. Pungkasiadi juga meresmikan Pasar Rakyat Trowulan ditandai dengan tabuhan gong.

Dalam sambutannya, Pungkasiadi menyampaikan bahwa pemerintah daerah sengaja melibatkan kesenian asli Tarian Bantengan dalam pembukaan pasar rakyat Trowulan. 

"Sebagai tradisi warisan leluhur yang sudah ada sejak era Majapahit, maka menjadi kewajiban sebagai masyarakat Kabupaten Mojokerto untuk mempelajari, nguri-nguri, atau melestarikannya," ujarnya.

Dengan berdirinya pasar Trowulan, ia berharap ada pengaruh positif dan dapat memberikan manfaat besar bagi warga Trowulan dan sekitarnya. Termasuk, menggeliatkan perekonomian lokal, serta umumnya bagi pertumbuhan perekonomian di seluruh.wilayah Kabupaten Mojokerto.

"Trowulan merupakan gudangnya wisata religi dan budaya, di antaranya adalah Makam Syeh Jumadil Kubro dan berbagai macam peninggalan Kerajaan Majapahit. Untuk itu, semua aset peninggalan religi dan budaya, wajib kita pertahankan, mempelajari, melestarikan, dan mempromosikannya," bebernya.

Pasar Rakyat Trowulan ini telah menyajikan berbagai fasilitas pasar yang lengkap, termasuk wahana pemandian kolam renang. Dengan halaman parkir luas, maka Pasar Trowulan mempunyai peluang besar sebagai pasar bisnis. 

Dengan pengertian, berbagai barang produksi olahan rumahan serta anekan kerajinan di setiap desa dapat dipasarkan di pasar ini, di samping tetap menyediakan kebutuhan bahan pokok. 

"Dengan letak yang strategis di Jalan Raya Besar Trowulan, maka Pasar Trowulan bisa sebagai jujugan atau ampiran bagi para tamu yang masuk di Kabupaten Mojokerto," pungkasnya. (ris/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO