Senin, 17 Februari 2020 13:47

Warga Dua Desa di Kediri Resahkan Bau Tumpukan Karung Berisi Limbah Beracun

Senin, 23 Desember 2019 12:20 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Warga Dua Desa di Kediri Resahkan Bau Tumpukan Karung Berisi Limbah Beracun
Warga pasang spanduk protes atas bau menyengat limbah bahan beracun.

KEDIRI, BANGSAOLINE.com – Warga Desa Ngreco Kecamatan Kandat dan Desa Maesan, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri sejak beberapa hari ini resah. Hal itu dipicu oleh bau menyengat dari tumpukan karung yang berisi meterial kimia yang digunakan uruk dan penahan tanggul sungai.

Data yang diperoleh BANGSAONLINE.com menyebutkan, bahwa tumpukan material di dalam karung yang dijadikan urukan bekas galian di Desa Ngeco, Kecamatan Kandat dan penahan tanggul sungai di Desa Maesan Mojo itu ternyata berisi limbah beracun dan termasuk kategori Bahan Beracun dan Berbahaya (B3).

Hal tersebut dapat dipastikan setelah ada pemeriksaan sampel dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri di Desa Ngeco, Kandat.

Tapi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri belum bisa melakukan tindakan lebih lanjut terkait limbah tersebut, masih menunggu masalah ini selesai diproses oleh pihak berwajib.

Setelah ramai diberitakan di media, pihak Desa Ngeco, Kecamatan Kandat sendiri langsung memasang papan larangan yang dipasang di tembok sebelah barat Kantor Desa Ngreco.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri, Putut Agung Subekti, dan beberapa stafnya sudah melakukan sidak limbah di Desa Ngreco, Kandat, Kediri. Namun pihak DLH belum bisa melakukan langkah apapun karena harus menunggu proses hukum yang ditangani pihak kepolisian.

DLH sendiri menilai ada kesamaan tampilan fisik dan bau tajam yang muncul dari limbah di Desa Ngreco Kecamatan Kandat dan Desa Maesan Kecamatan Mojo.

Sementara itu, Plt. Kadis Kominfo Kabupaten Kediri Krisna Setiawan, belum bisa ditemui untuk dikonfirmasi. "Kantor lagi kosong, Mas. Datang hari Kamis saja karena hari Selasa dan Rabu, libur Natal," kata staf perempuan di meja resepsionis Kantor Dinas Kominfo Senin (23/12/2019). (kdr1/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Kamis, 13 Februari 2020 12:49 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanTebar pesona! Itulah yang kini gencar dilakukan para calon wali kota Surabaya. Senyum mereka bertebaran di mana-mana. Di media sosial. Di baliho. Di media massa. Bahkan di selempitan koran.Bukan hanya senyum. Juga janji-janji. S...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...