Jelang Nataru, Khofifah Jamin Stok Bapok Hasil Peternakan Aman dan Stabil

Jelang Nataru, Khofifah Jamin Stok Bapok Hasil Peternakan Aman dan Stabil Gubernur Khofifah saat mengunjungi peternakan di Kabupaten Malang, belum lama ini. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjelang peringatan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjamin stok kebutuhan bahan pokok (bapok) hasil peternakan yang terdiri dari daging sapi, daging ayam, serta telur ayam ras dalam ketersediaan aman. Selain itu, harganya juga dipastikan stabil.

Untuk itu, berbagai kesiapan telah dilakukan oleh Pemprov Jatim. Salah satunya yaitu dengan terus berkoordinasi dengan pelaku usaha dan dinas di lingkup kabupaten/kota se Jatim. Melakukan pemantauan harga di ritel maupun pasar tradisional hingga akhir tahun. Hingga melaksanakan bazar hasil peternakan selama 2 hari pada tanggal 18-19 Desember.

"Jelang peringatan natal dan tahun baru ini, kami harap seluruh masyarakat Jawa Timur tidak perlu khawatir karena stok bapok hasil peternakan di Jatim aman. Serta harganya juga relatif stabil," terang Khofifah sapaan lekat Gubernur Jatim saat ditemui di Surabaya, Rabu (18/12).

Khofifah memaparkan, berdasarkan laporan realisasi produksi dari Dinas Peternakan Prov. Jatim, ketersediaan daging sapi mencapai 10.165 ton sedangkan kebutuhan hanya 9.131 ton, sehingga sampai akhir Desember masih surplus 1.034 ton. Untuk daging ayam ketersediaan 43.855 ton dan kebutuhan 32.729 ton, sehingga stok sampai akhir Desember masih surplus 11.156 ton. 

Demikian pula untuk telur, ketersediaan mencapai 64.394 ton, kebutuhan 49.388 ton, sehingga stok sampai akhir Desember masih surplus 15.006 ton.

"Dengan data tersebut kami yakin sampai akhir Desember 2019 stok bapok hasil peternakan Jatim sangat aman bahkan surplus. Karenanya, surplus ini merupakan potensi yang bisa dikelola lebih lanjut untuk menambah nilai jualnya ataupun untuk mensuplai berbagai daerah di Indonesia," urai orang nomor satu di Jatim ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO