Terancam Punah, Lemur Kingdom Dihadirkan di Jatim Park 2

Terancam Punah, Lemur Kingdom Dihadirkan di Jatim Park 2 Beberapa spesies Lemur yang ada di Lemur Kingdom Batu Secret Zoo, Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Setelah sukses membenahi kandang badak, kali ini Batu Secret Zoo (BSZ) hadir dengan zona baru, yakni Lemur Kingdom. Kehadiran Lemur Kingdom ini melengkapi koleksi spesies Lemur yang sudah ada di BSZ, antara lain black lemur, ring-tailed lemur, red ruffed lemur, red collared lemur dan brown lemur.

Selain itu, hunian baru lemur yang memiliki luas 500 meter persegi dengan tinggi 12 meter ini telah didesain khusus sehingga sangat mirip dengan habitat asli lemur di Pulau Madagaskar.

“Dengan hadirnya zona baru di BSZ ini, diharapkan dapat melengkapi wisata pembelajaran satwa bagi para pengunjung. Karena dengan mengenal lebih dekat, maka pengunjung akan lebih memahami bagaimana cara melestarikan satwa-satwa tersebut,” ujar Titik S. Aryanto, Manager PR dan Marketing JTP Grup, di sela grand opening Zona baru Lemur Kingdom di BSZ, Sabtu (14/12).

Dijelaskan, Lemur Kingdom ini dipersembahkan khusus untuk para Lemur di BSZ sebagai wujud perhatian BSZ terhadap pelestarian satwa endemis Madagaskar tersebut. Mamalian Madagaskar ini saat ini menghadapi masalah yang serius di habitat aslinya. Dari 103 spesies lemur yang ada, sekitar 90 persen dari total keseluruhan masuk dalam kategori terancam punah.

"Kehilangan habitat dan perburuan liar menjadi alasan utama yang mempengaruhi kelestarian lemur. Bahkan, pemerintah Madagaskar telah menetapkan lemur sebagai satwa yang dilindungi," jelas dia.

Dalam acara spesial grand opening zona baru ini, BSZ secara khusus mengundang penduduk asli Madagaskar dalam serangkaian acara yang bertajuk Madagaskar Weekend. Kegiatan iniberlangsung dua hari mulai Sabtu (14/12) hingga Minggu (15/12).

"Selain dapat mengenal lebih dekat tentang pulau yang memiliki kisah erat dengan Indonesia ini, pengunjung akan disuguhkan dengan penampilan tari-tarian yang diiringi musik tradisional Madagaskar. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mencicipi makanan khas Madagaskar yang dimasak khusus penduduk Madagaskar," terangnya sembari menambahkan, melengkapi suasana Madagaskar di BSZ, pengunjung dapat berinteraksi dengan fossa, sang karnivora terbesar di Madagaskar. (asa/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO