Sabtu, 08 Agustus 2020 04:26

Disparpora Kota Pasuruan Gelar Mahakarya Seni dan Budaya Tahun 2019 Tiga Hari Berturut-turut

Sabtu, 14 Desember 2019 04:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Disparpora Kota Pasuruan Gelar Mahakarya Seni dan Budaya Tahun 2019 Tiga Hari Berturut-turut
Sejumlah tari-tarian juga ditampilkan dalam pembukaan Mahakarya Seni dan Budaya Tahun 2019.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot Pasuruan melalui Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) menyelenggarakan mahakarya seni dan budaya. Event yang digelar setiap tahun ini bertujuan untuk mengangkat seni dan budaya Kota Pasuruan agar dikenal warga Kota Pasuruan dan luar Kota Pasuruan.

Mahakarya Seni dan Budaya Kota Pasuruan diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut, Jumat (13/12) hingga Ahad (15/12) mendatang di GOR Untung Suropati Jalan Sultan Agung Kota Pasuruan.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bahrul Ulum, dihadiri jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, Asisten, Kepala OPD, Camat dan Lurah, dan Rektor Universitas Merdeka Pasuruan.

Dalam acara ini, juga ada pameran keris sebagai upaya melestarikan warisan budaya Indonesia. Diketahui, keris merupakan benda pusaka Indonesia yang memiliki sejarah sebagai alat/senjata perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut dan pertahanan kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu, juga ada pameran multi produk dan mebel, pameran produk UMKM mengangkat kearifan lokal Kota Pasuruan, pameran bonsai, pameran bursa keris, dan sarasehan budaya.

Sedangkan untuk festival, ada pencak silat, festival melukis mural, serta festival lagu jawa (vocal solo).

Bahrul Ulum berharap agar pelaksanaan Mahakarya Seni dan Budaya Kota Pasuruan ini membuat budaya Indonesia khususnya di Kota Pasuruan, tetap lestari. Sehingga, dapat menarik minat wisatawan lokal maupun internasional untuk berkunjung ke Kota Pasuruan yang akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Pasuruan.

Sekdakot juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta pameran dan pengisi acara yang telah turut berpartisipasi dalam meramaikan acara ini, baik yang berasal dari Kota Pasuruan maupun dari luar Kota Pasuruan.

Sementara Kepala Disparpora Kota Pasuruan Drs. H. Hardi Utoyo, M.Si mengatakan maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan ini yaitu untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya serta diharapkan menarik wisatawan berkunjung ke Kota Pasuruan.

"Sasarannya masyarakat Kota Pasuruan. Kegiatan ini dikuti oleh berbagai peserta yakni pameran keris dan bursa sejumlah 100 peserta, pameran bonsai sejumlah 100 peserta, dan peserta pameran seni dan ekraft sebanyak 20 stan," pungkasnya. (ard/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...