Sabtu, 28 Maret 2020 14:54

Tepat Pukul 07.00 WIB, Panglima Armada Resmi Canangkan Bulan Trisila TNI AL di Jajaran Koarmada II

Selasa, 10 Desember 2019 14:37 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri
Tepat Pukul 07.00 WIB, Panglima Armada Resmi Canangkan Bulan Trisila TNI AL di Jajaran Koarmada II
Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto resmi mencanangkan pelaksanaan Bulan Trisila TNI Angkatan Laut di lingkup atau jajaran Komando Armada II.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto resmi mencanangkan pelaksanaan Bulan Trisila TNI Angkatan Laut di lingkup atau jajaran Komando Armada II. Pencanangan tersebut dilakukan dalam suasana yang berbeda dari biasanya, yakni saat olahraga bersama yang digelar di Dermaga Madura Markas Koarmada II Surabaya, Selasa (10/12) pukul 07.00 WIB.

Di hadapan sekitar seribu lebih prajurit dan PNS Koarmada II yang mengikuti olahraga bersama tersebut, Heru-sapaan karib Pangkoarmada II ini mengatakan bahwa Bulan Trisila TNI AL yang merupakan kebijakan dari Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dilaksanakan secara serentak oleh satuan TNI Angkatan Laut dari Sabang hingga Merauke sejak 5 Desember 2019 hingga 15 Januari 2020.

Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam Trisila TNI AL yang menjadi pedoman utama setiap prajurit dan PNS TNI AL yakni Disiplin, Hierarki, dan Kehormatan Militer.

“Pedoman tersebut digunakan untuk mencapai kualitas personel yang bermoral, profesional dan berani,” tutur Heru usai mengikuti olahraga bersama.

Heru menekankan kepada seluruh prajurit dan PNS Koarmada II agar memanfaatkan momentum ini sebagai wahana meningkatkan kualitas diri sebagai prajurit matra laut.

“Momentum ini menurut saya dapat menjadi wahana bagi kalian untuk meningkatkan kualitas diri sebagai prajurit matra laut, yang berakar dari pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Trisila TNI AL melalui pembinaan di kesatuan masing-masing,” tegas Heru.

Sementara itu, nilai-nilai Trisila TNI AL yang terdiri dari Disiplin, Hierarki, dan Kehormatan Militer menurut Heru dapat dijabarkan sebagai berikut: Disiplin, yakni anggota TNI AL mentaati segala aturan dan tata tertib berdasarkan kesadaran untuk mengabdi. Sebagai indikatornya yakni tanggung jawab, tepat waktu, sungguh-sungguh tertib dan cakap.

Berikutnya Hierarki, yakni anggota TNI AL harus dapat menempatkan diri dan bertindak sesuai strata kepangkatan, kedudukan dan jabatan dalam organisasi. “Indikator terlaksananya Hierarki dengan benar adalah sikap prajurit yang profesional, loyal, mampu bekerja sama dan patuh terhadap atasan,” terang Heru.

Untuk yang terakhir, yakni Kehormatan Militer, adalah menjunjung tinggi nama baik Angkatan Laut dan negara dengan selalu berpikir, bersikap, dan bertindak atau berbuat tanpa cela. Yang ditandai dengan sikap jujur, patriotik, berani, unggul serta gigih dari seorang prajurit.

“Disiplin adalah Napasku, Hierarki Kebanggaanku, Kehormatan segala-galanya!,” tegas Heru mengakhiri sambutannya.

Dalam acara tesebut, nampak hadir Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Iwan Isnurwanto, para Asisten, Kasatker, Komandan Satuan, Komandan KRI di pangkalan, dan juga Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Yayuk Heru Kusmanto, Wakil Ketua Ny. Dewi Iwan Isnurwanto beserta anggota pengurus DJA II. (dev/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 02:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*84. Qul kullun ya’malu ‘alaa syaakilatihi farabbukum a’lamu biman huwa ahdaa sabiilaan.Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengeta...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...