Senin, 21 September 2020 22:28

Belum Rampung, Proyek Saluran Air DPU Gresik Rp 9,3 M Diinjak Ambles

Selasa, 10 Desember 2019 00:17 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Belum Rampung, Proyek Saluran Air DPU Gresik Rp 9,3 M Diinjak Ambles
Wakil Ketua DPRD Gresik Asluchul Alif ketika sidak proyek saluran air di Desa Tanggulrejo Kecamatan Manyar. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kekhawatiran DPRD Gresik bahwa proyek-proyek di lingkup Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) tak bisa rampung tepat waktu, akhirnya terbukti. Selain itu, kualitas pengerjaan juga buruk karena pengerjaannya diburu waktu.

Hal ini terungkap saat Wakil Ketua DPRD Gresik Asluchul Alif dan Wakil Ketua Komisi II Syahrul Munir melakukan sidak di sejumlah proyek, Senin (9/12).

Proyek yang disidak di antaranya adalah peningkatan jalan Betoyo-Dagang dan saluran air di Desa Tanggulrejo Kecamatan Manyar yang dikerjakan oleh PT Berkah Rahmat Sejati. Proyek ini sebelumnya diadukan masyarakat setempat, lantaran ada indikasi penyimpangan.

Kepala Desa (Kades) Tanggulrejo Abdul Karim Aly dan sejumlah warga ikut mendampingi sidak proyek yang sebelumnya mereka keluhkan. Mereka mengeluh pengerjaan proyek jalan dengan anggaran Rp 9,3 miliar dari APBD 2019, tak kunjung selesai.

Asluchul Alif mengungkapkan indikasi penyimpangan proyek, karena hasil pengerjaannya rapuh. "Saat saya injak sudah ambrol, padahal masih baru selesai dikerjakan. Bagaimana bisa bertahan lama," ungkap Asluchul Alif dengan nada kesal.

Selain itu, menurut Alif, pengerjaan proyek juga molor. Sesuai kontrak, seharusnya proyek tersebut rampung pada 4 Desember, namun banyak bagian yang belum dikerjakan. Dia mencontohkan belum adanya penutup selokan dan timbunan material di kali. "Kami temukan ada beberapa pengerjaan yang belum selesai dan ada pekerjaan yang menurut saya kurang bagus," cetusnya.

Syahrul Munir juga mengungkapkan indikasi bahwa proyek tersebut tidak sesuai dari spesifikasi (spek) yang sudah direncanakan. "Bisa kita lihat berupa tutup U-Ditch di depan rumah warga tidak ditutup secara keseluruhan. Ini jelas membahayakan warga," katanya.

Politikus yang mewakili daerah pemilihan (Dapil) VIII tersebut berjanji segera melakukan komunikasi dengan DPUTR Gresik untuk menuntaskan permasalahan itu.

Kepala DPUTR Gresik, Gunawan Setijadi membenarkan bahwa proyek peninggian jalan Betoyo-Dagang dan saluran air di Desa Tanggulrejo harusnya selesai pada 4 Desember 2019.

"Namun, pelaksana tak mampu menuntaskan pekerjaan sesuai kontrak. Penuntasan pengerjaan terlambat. Ini bukan kami kasih waktu, tapi memang harus diselesaikan," dalihnya.

Menurut Gunawan, PT Berkah Rahmat Sejati selaku kontraktor yang mengerjakan jalan sepanjang 900 meter dengan anggaran sebesar Rp 9,3 miliar ini akan dikenakan sanksi. "Kami akan sanksi berupa denda karena pengerjaan sudah melebihi kontrak. Pihak kontraktor juga akan diberi peringatan. Tapi ini sudah mau selesai, tinggal diperbaiki," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...