Lantik 57 Kades, Bupati Madiun: Rangkul Warga yang Kemarin Sempat Beda Pendapat di Pilkades

Lantik 57 Kades, Bupati Madiun: Rangkul Warga yang Kemarin Sempat Beda Pendapat di Pilkades Bupati Madiun Ahmad Dawami saat melantik 57 kades.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Bupati Madiun Ahmad Dawami memimpin pelantikan 57 kepala desa, di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Jumat (6/12). Mereka yang dilantik, merupakan kades terpilih dari beberapa wilayah kecamatan dalam Pilkades serentak 16 Oktober lalu.

Dalam arahannya, Bupati Madiun Ahmad Dawami meminta para kepala desa yang telah dilantik harus bisa menjalankan amanah dengan baik.

“Tugas kepala desa yang baru dilantik, harus menyadarkan kembali masyarakat di desa masing-masing yang kemarin sempat terbelah karena beda pilihan. Sebab semua kades memiliki tugas dan tanggung jawab kepada seluruh warga di desa masing-masing,” ujarnya.

Menurut Ahmad Dawami, yang terpenting dalam konsep pemerintahan, adalah bagaimana menjalankan roda pembangunan dengan membuat masyarakat aktif dan pemerintahnya responsif.

“Masyarakat bisa aktif ketika ada kerukunan. Sehingga tercipta gotong royong, rasa memiliki terhadap desa dan kabupaten. Selanjutnya mempunyai rasa memiliki terhadap NKRI. Hilangkan permusuhan dan perselisihan. Satukan mereka,” tandasnya.

Bupati menegaskan kepada kades yang baru untuk keterlibatan masyarakat dalam pembangunan partisipatif dan terintegrasi dengan tiap-tiap OPD.

"Pembangunan kita dalam perencanaan harus ada keterlibatan warga desa dan juga terintegrasi dengan OPD, dan perencanaan desa betul-betul kita koreksi hal ini untuk menyamakan program dari desa hingga pusat," pungkasnya. (hen/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO