HUT ke-48 Korpri, Khofifah Minta ASN Terapkan 'Lateral Thinking' untuk Berpikir Melompat

 HUT ke-48 Korpri, Khofifah Minta ASN Terapkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT Korpri ke 48, di halaman Grahadi, Senin (2/12). foto: istimewa/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa memberikan arahan pada ASN Pemprov Jawa Timur untuk berpikir lateral (lateral thinking) atau berpikir melompat, saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke 48, di halaman Grahadi, Senin (2/12).

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, seluruh ASN harus membuat inovasi dan juga melakukan perubahan agar percepatan layanan masyarakat bisa terwujud. Percepatan layanan itu salah satunya bisa dilakukan dengan maksimalisi pemanfaatan teknologi.

"Salah satu arahan Presiden Jokowi yang perlu kita sampaikan yaitu bagaimana kita menguatkan lateral thinking atau berpikir melompat. Arahannya adalah ASN harus melakukan inovasi dan harus melakukan perubahan. Jadi membiasakan format lateral thinking, berpikir melompat," kata .

Dalam bekerja ASN tidak sekedar melakukan yang lebih baik dari kemarin. Tapi harus melakukan hal yang lebih baik dari negara lain. Oleh sebab itu berpikir melompat harus menjadi poin penekanan dalam cara kerja ASN.

Pasalnya saat ini tantangan dalam penerapan lateral thinking adalah ASN dalam bekerja senantiasa dalam format struktural. Dimana cara kerja dan kordinasi birokrasi harus sesuai dengan jenjang stuktural birokrasi. Sehingga terkesan strukturalis. Saat ini dibutuhkan format agar lebih fungsional.

Menurut terkait arahan Presiden yang akan memangkas titik tertentu eselon 3 dan 4 hal ini membuat lama alur birokrasi menjadi pendek dan cepat. Terutama terkait layanan perizinan dan investasi.

"Menurut arahan Presiden salah satu upaya percepatan itu harus dilakukan dengan teknologi. Disinilah pentingnya capacity building dan institutional building di lingkungan ASN sesuai tupoksi masing- masing ," tambah .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO