Jumat, 28 Februari 2020 03:40

Gubernur Jatim Tinjau Tanggul Ambles di Tuban, Janjikan Penanganan Permanen Melalui PUPR

Minggu, 01 Desember 2019 19:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Gubernur Jatim Tinjau Tanggul Ambles di Tuban, Janjikan Penanganan Permanen Melalui PUPR
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan tanggul Sungai Bengawan Solo yang retak di Desa Sembungrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Minggu (1/12) sore.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan tanggul Sungai Bengawan Solo yang ambles di Desa Sembungrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Minggu (1/12) sore.

Dalam kunjungan tersebut, Khofifah turut memantau proses antisipasi penanganan sementara yang dikerjakan oleh warga sekitar, pemkab, dan BBWS Bengawan Solo.

Kepada awak media, Khofifah mengatakan penanganan tanggul retak ini menjadi perhatian khusus pihaknya. Sebab, tanggul ini sudah kerap ditangani, namun masih tetap ambles. Untuk itu, pemprov akan berkoordinasi dengan pihak BBWS dan PUPR guna menangani keretakkaan ini secara permanen.

"Ini menjadi perhatian khusus, karena kalau ada hujan intensitas tinggi, air bisa meluber ke pemukiman warga," terang Khofifah.

Khofifah juga berterima kasih kepada warga sekitar yang sudah berupaya menangani ini, meski belum permanen. Harapannya, langkah-langkah ini menjadi antisipasi ketika terjadi hujan deras dan debet air naik.

"Penanganan sementara ini baru dikasih bronjong, dan pengurukan pedel. Semoga ketika terjadi hujan tidak terjadi apa-apa," tuturnya.

"Melalui APBN, Kami akan meminta PUPR menangani persoalan ini," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein berterima kasih kepada Gubernur yang telah memantau tanggul retak ini. Wabup mengakui, salah satu penyebab retaknya tanggul adalahnya banyaknya penambang pasir ilegal.

Untuk itu, saat ini para penambang ilegal sudah diberhentikan. Terutama, pada radius 600 meter dari titik retak atau kerusakan. "Bahkan kami sudah menyiagakan Satpol PP untuk merazia penambang pasir ilegal itu," terangnya. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...