Galakkan Cinta Literasi, Kompak Goes to Sekolah

Galakkan Cinta Literasi, Kompak Goes to Sekolah Komunitas Pamekasan (Kompak) menyosialisasikan gerakan membaca di MAN 2 Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Niat sekumpulan anak-anak muda yang tergabung dalam Komunitas Pamekasan (Kompak) Membaca untuk membumikan cinta literasi di Bumi Gerbang Salam terus digalakkan.

Gerakan demi gerakan terus dilakukan bersama perwakilan majalah Mafintag di aula MAN 2 Pamekasan yang berada di jalan Wahid Hasyim. Salah satunya melalui gerakan Kompak Goes to Sekolah.

Menurut Sekretaris Kompak, Imron Maulana, gerakan Kompak Goes to sekolah ini merupakan kegiatan untuk mendorong gerakan cinta literasi pada kalangan pelajar. "Kami berupaya untuk mengajak, memotivasi, dan mendampingi adik-adik khususnya siswa MAN 2 Pamekasan ini lebih tertarik untuk suka baca," kata Sekretaris Kompak, Imron Maulana, Kamis (28/11/19).

Menurutnya, gerakan-gerakan perlu dilakukan karena untuk memasyarakatkan membaca harus ada penggeraknya. "Menjemput bola. Iya, begitu harusnya kita. Sebagai penggerak, kami merasa lebih baik begitu," ucapnya.

"Dan Pemerintah yang dalam hal ini memiliki cakupan wewenang yang lebih luas, juga perlu turun gunung. Menyisir sekolah-sekolah, perpusdes-perpusdes, para komunitas-komunitas, dan para pegiat literasi untuk kemudian difasilitasi, bersinergi. Dengan demikian, menjadikan kabupaten ini benar-benar menjadi Kabupaten Pendidikan," paparnya.

Sementara Kepala Perpustakaan MAN 2 Pamekasan, Imam Suprapto mengatakan, pihaknya memang sengaja mengundang Kompak guna menyuguhkan suasana baru dalam menggencarkan gerakan literasi madrasah.

"Hadirnya adik-adik Kompak ini selain menambah koleksi buku bacaan yang dibawanya, juga diharapkan dapat menstimulus santri kami agar cinta baca," katanya.

Dalam kesempatan itu, para relawan Kompak juga memberikan ruang bagi santri-santri untuk berdiskusi ringan mengenai kepenulisan. "Saya lihat, mereka asik berdiskusi tentang bagaimana menjadi seorang novelis, penulis cerpen, dan lainnya. Alhamdulillah ini adalah hal yang luar biasa," ujarnya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada adik-adik kompak yang telah dengan sukarela hadir ke sini untuk bersama-sama menggerakkan cinta literasi kepada para santri-santri kami disini," jelasnya.

Untuk diketahui, Kompak menggelar lapak bersama perwakilan pengurus majalah Mafintaq di Aula atas MAN 2 Pamekasan bekerja sama perpustakaan MAN 2 Pamekasan. (yen/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO