Kamis, 13 Agustus 2020 03:41

Ribuan Pencari Kerja Serbu BKT, Disnaker Sidoarjo Luncurkan Gawe Online

Rabu, 27 November 2019 20:46 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Ribuan Pencari Kerja Serbu BKT, Disnaker Sidoarjo Luncurkan Gawe Online
BERJUBEL: Pencari kerja memadati arena Bursa Tenaga Kerja (BKT) di MPP Sidoarjo, Rabu (27/11). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sidoarjo menggelar Bursa Tenaga Kerja (BKT) di Mal Pelayanan Publik (MPP), Jl Lingkar Timur, Rabu (27/11).

Ribuan pencari kerja berjubel memenuhi stan-stan perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan di BKT tersebut. Ada 66 perusahaan yang membuka lowongan kerja sebanyak 1.222 formasi.

Selain berupaya mengurangi jumlah pengangguran melalui BKT yang digelar selama sehari, Disnaker Sidoarjo meluncurkan aplikasi lowongan pekerja, yakni Gawe Online.

Lewat aplikasi ini, para pencari kerja bisa melamar lowongan pekerjaan yang dibuka perusahaan-perusahaan bekerjasama dengan Disnaker, secara online.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah berharap BKT bisa dimanfaatkan maksimal oleh para pencari kerja dan mendapatkan lowongan kerja sesuai lulusan dan keahliannya.

"Selain lewat BKT, pencari kerja bisa setiap saat mencari lowongan pekerjaan melalui aplikasi Gawe Online," beber Abah Ipul, panggilan karib Bupati Saiful, saat membuka BKT.

Dalam kesempatan ini, bupati yang juga politikus PKB ini memberikan apresiasi kepada para perusahaan yang membuka lowongan kerja di arena BKT.

Sementara itu, Kepala Disnaker Sidoarjo Dr Fenny Apridawati MARS menyatakan ada penurunan peluang kerja di BKT yang digelar pada November 2019 ini.

Pada BKT yang digelar di Juli 2019 lalu, disediakan 1.400 lowongan kerja. Namun di BKT kali ini, turun menjadi 1.222 lowongan pekerjaan.

Kendati demikian, Fenny tetap optimistis dengan BKT yang digelar sehari ini bisa menyerap tenaga kerja terutama dari Sidoarjo. "Tahun depan kita akan menggelar bursa kerja khusus dengan menggandeng lulusan SMK," jlentreh Fenny Apridawati.

Kata mantan Kepala Disperindag Sidoarjo ini, program BKT tetap diminati para pencari kerja. Buktinya, BKT ini, lebih dari 5000 pencari kerja datang dan menyerahkan aplikasi lamaran pekerjaan di arena BKT.

Namun, kata Fenny, sayangnya, tahun depan program BKT dialokasikan anggaran hanya untuk satu kali kegiatan. "Tiap tahun kita gelar dua kali BKT, tahun depan hanya sekali. Karena itu kami berharap bisa ditambah di Perubahan APBD 2020," tandas Fenny Apridawati.

Di sisi lain, sejumlah perusahaan ternama tampak ikut membuka stan di BKT. Perusahaan itu bergerak di bidang perbankan, ritel, sipil dan lainnya. "Tempatnya sudah layak karena digelar di indoor. Pelamarnya juga cukup banyak," cetus Novan dari PT Sekawan Lama.

Sementara itu, salah satu pencari kerja, Putri, asal Kecamatan Porong mengaku sudah dua kali ini memanfaatkan BKT untuk mencari pekerjaan. "Mudah-mudahan nanti bisa lolos tes seleksi dan bisa diterima di perusahaan," harap gadis berjilbab ini. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...