Selasa, 18 Februari 2020 00:12

Petani di Tuban Tewas Setelah Diserang Ratusan Tawon Ndas

Senin, 25 November 2019 23:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Petani di Tuban Tewas Setelah Diserang Ratusan Tawon Ndas
Sarang lebah yang diduga dihuni ratusan tawon ndas.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Nahas dialami Japar, warga Desa Kenongosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Laki-laki paruh baya itu tewas setelah disengat ratusan lebah Vespa Affinis atau lebih dikenal dengan tawon ndas.

Akibat dari serangan tawon ndas itu, korban tak sadarkan diri. Akhirnya korban meninggal dunia, Senin (25/11) setelah mendapatkan perawatan medis di RSUD Dr. Koesma Tuban.

"Tidak menduga kalau korban habis disengat lebah, karena dia mengeluh kepalanya sakit," ujar Sulastri, kerabat korban.

Dari informasi yang berhasil dihimpun BANGSAONLINE.com, kejadian itu terjadi pada Senin (18/11) yang lalu, saat korban sedang mengairi ladang jagung miliknya. Saat sedang bekerja, korban merasa keletihan dan mencari tempat untuk berteduh. Korban akhirnya bersandar di bawah pohon mangga untuk menghindari teriknya matahari.

Namun nahas, saat sedang beristirahat, tiba-tiba ia diserang oleh kawanan lebah vespa affinis yang bersarang di sebuah pohon dan tak jauh dari tempat korban berteduh. Korban berusaha berlari dan menghindar dari serangan lebah, namun ribuan lebah tetap mengejar dan menyerang korban.

Pada malam harinya, korban dibawa ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan pertolongan medis dan menginap selama semalam. Melihat badannya agak mendingan, korban minta untuk dibawa pulang.

Setibanya di rumah, korban merasa dadanya sakit dan batuk berdarah sehingga keluarga membawanya kembali ke Puskesmas. Selanjutnya, pihak Puskesmas merujuk korban ke RSUD Dr. Koesma Tuban untuk mendapatkan perawatan intensif.

"Korban meninggal dunia di RSUD Dr. Koesma Tuban tadi pagi," imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kalaksa BPBD Tuban, Emil Pancoro mengatakan, sarang tawon ndas yang merenggut korban jiwa itu terbilang cukup besar, dan berdiameter sekitar satu meter dangan tinggi 80 centimeter. Diperkirakan ratusan lebah yang menghuni sarang tersebut.

Untuk menghindari terjadinya korban lanjutan, pihak BPBD Tuban selanjutnya melakukan evakuasi sarang lebah jumbo itu dengan cara pengasapan. "Sudah kita evakuasi agar tidak kembali memakan korban jiwa," tutupnya. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...