Sabtu, 18 Januari 2020 13:48

​Hindari Konsumtif, Pemprov Canangkan Gerakan Pelajar Nabung Bersama OJK-Bank Jatim

Senin, 25 November 2019 10:59 WIB
Editor: Tim
​Hindari Konsumtif, Pemprov Canangkan Gerakan Pelajar Nabung Bersama OJK-Bank Jatim
Gubernur Jwa Timur Khofifah menandatangani komitmen bersama antara Gubernur Jatim, Kepala OJK Regional IV Jatim dan Plt. Pgs. Direktur Utama Bank Jatim saat Rakor Provinsi Jatim Tahun 2019 di Grand City Surabaya, Jumat lalu (22/11/2019). foto: istimewa/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebagai upaya mendorong masyarakat gemar menabung sejak dini, Pemprov Jatim bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IV Jatim dan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) mencanangkan Gerakan Jawa Timur Menabung ‘One Student One Account’.

“Masa depan anak-anak ini kan masih panjang. Dengan gemar menabung sejak dini, mereka bisa menghindarkan diri dari budaya konsumtif yang berlebihan dan hasil dari menabung ini manfaatnya bisa mereka rasakan ke depannya,” kata Khofifah di Gedung Jatim Expo saat memperingati HUT PGRI dan Hari Guru di Jatim Expo, Surabaya, Minggu (24 /11) pagi.

One Student One Account merupakan salah satu bentuk Aksi Pelajar Indonesia Menabung dalam implementasi Keppres No. 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung. Melalui program ini diharapkan setiap pelajar di Indonesia memiliki rekening sehingga budaya menabung di lembaga jasa keuangan formal dapat dilakukan sejak dini.

Gerakan One Student One Account ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap inklusi keuangan dan budaya menabung, memperluas akses layanan keuangan di seluruh wilayah Indonesia, serta menyebarluaskan pesan kepada masyarakat, mengubah perilaku dan mendorong masyarakat untuk menabung.

Dengan adanya komitmen bersama ini, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap kesadaran masyarakat terutama kalangan pelajar untuk gemar menabung sejak dini terus meningkat.

Gerakan ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama antara Gubernur Jatim, Kepala OJK Regional IV Jatim dan Plt. Pgs. Direktur Utama Bank Jatim saat Rakor Provinsi Jatim Tahun 2019 di Grand City, Jum’at (22/11) lalu.

Melalui komitmen bersama ini, Pemprov Jatim beserta OPD akan menerbitkan Surat Edaran (SE) kepada seluruh kab/kota untuk mendorong masyarakat menabung di lembaga keuangan formal. Kemudian OJK Regional IV Jatim akan berperan aktif dalam mendorong dan melakukan koordinasi untuk pelaksanaan program peningkatan literasi dan inklusi keuangan. Khususnya bagi pelajar SMP dan SMA.

Sedangkan Bank Jatim akan melakukan kegiatan edukasi keuangan dan kerjasama dengan pihak terkait dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi serta akses keuangan masyarakat Jatim pada lembaga keuangan melalui pembukaan rekening baru, khususnya bagi masyarakat yang belum memiliki akses keuangan.

Khofifah menyebut, Pemprov Jatim, OJK Regional IV Jatim serta Bank Jatim sepakat memprioritaskan Gerakan Jawa Timur menabung di kalangan pelajar melalui gerakan One Student One Account. Ketiga belah pihak juga akan menetapkan hari Rabu sebagai Hari Rajin Menabung (RABU) bagi kalangan pelajar di Jatim.

“Kami juga akan melibatkan pihak sekolah sebagai agen dari perbankan dengan memanfaatkan dukungan teknologi. Selain itu kami juga akan melakukan monitoring dan evalusi berkelanjutan untuk menyempurnakan Gerakan Jawa Timur Menabung ini,” katanya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 18 Januari 2020 12:20 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...