Begini Cara Pemkot Surabaya Budidayakan Tabebuya

Begini Cara Pemkot Surabaya Budidayakan Tabebuya Pohon Tabebuya yang sedang berkemaran di salah satu jalan protokol.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jauh hari sebelum Bunga Tabebuya di viral dan banyak dikenal masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) sebenarnya juga telah melakukan budidaya bunga Tabebuya. Bahkan, budidaya atau pembibitan itu sudah dilakukan sejak lima tahun lalu di Kebun Bibit Wonorejo, Rungkut, .

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota , Hendri Setianto, mengungkapkan beberapa jenis Tabebuya yang dibudidayakan itu terdiri dari berbagai jenis, mulai yang berwarna Kuning, Putih, hingga Pink.

“Pembibitan ini kita upayakan untuk jangka panjang. Kalau pembibitannya sekarang, penanamaannya lima tahun mendatang,” kata Hendri, Jumat (22/11).

Proses pembibitan tanaman bunga yang instagramable ini tak sekadar untuk kebutuhan taman-taman kota, namun juga diperuntukkan masyarakat. Warga nantinya bisa mengajukan permintaan bunga tersebut ke DKRTH.

“Kalau minta, kita kasih cuma-cuma. Tapi, tak sebesar yang ditanam di pinggir-pinggir jalan. Karena masih membutuhkan waktu,” ujarnya.

Menurut Hendri, di Kebun Bibit Wonorejo yang luasnya mencapai satu hektare itu, dikembangkan proses pembibitan berbagai jenis tanaman. Dari luasan kebun bibit, area pembibitan tanaman Tabebuya menempati lahan berukuran 100 x 2 meter yang terdiri dari beberapa blok.

(Proses pembibitan Tabebuya yang ditempatkan di bedeng-bedeng)

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO