Kamis, 23 Januari 2020 00:57

Misteri Pembuangan Limbah di Lahan Kosong Cerme Lor

Kamis, 21 November 2019 10:57 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Misteri Pembuangan Limbah di Lahan Kosong Cerme Lor
Petugas saat meninjau pembuangan limbah di lahan kosong Desa Cerme Lor Kecamatab Cerme. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pembuangan limbah industri yang ditengarai dari PT. Surabaya Mekabox di Jalan Bambe KM 18 Driyorejo, di lahan tambak yang diuruk di Desa Cerme Lor Kecamatan Cerme, penuh teka-teki.

Sebab, pihak Polres Gresik maupun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik yang telah turun mengecek keberadaan limbah tersebut hingga kini belum buka suara terhadap kandungan limbah. Utamanya masuk kategori limbah bahan berbahaya beracun (B3) atau tidak.

Kades Cerme Lor, Arifin mengaku belum tahu persis keberadaan pembuangan limbah di wilayahnya itu. "Lahane gak hafal mas, Pak Irfan (pegawai Kecamatan Cerme) yang hafal. Terkait limbah itu sudah ditangani pihak Polres Gresik," katanya kepada wartawan.

Sementara Kanit Tipikor Polres Gresik, Igo Akbar menyatakan bahwa pihaknya sedang menunggu hasil uji Laboratorium DLH Gresik.

"Termasuk apakah itu limbah B3 atau tidak," katanya kepada wartawan.

Menurut dia, berdasarkan informasi dan penyelidikan, bahwa limbah berasal dari PT. Surabaya Mekabox di Jalan Bambe KM 18 Driyorejo, salah satu perusahaan yang sempat terbakar beberapa waktu lalu.

Igo juga mengungkapkan keberadaan tujuh truk pengangkut limbah yang telah diamankan. Sebelumnya, truk-truk sarat muatan limbah itu sempat diparkir di lahan kosong di depan SPBU Desa Semampir Kecamatan Cerme. "Truk-truk pengangkut limbah disimpan di tempat yang aman," terangnya.

Sementara Kepala DLH Gresik Moch. Najikh membenarkan pihaknya bersama Polres Gresik telah mendatangi lokasi pembuangan limbah di lahan kosong di Desa Cerme Lor.

Pihaknya juga mengakui sudah mengambil sampel limbah untuk dites kandungan di Laboratorium. Namun, saat ini hasil lab tersebut belum keluar. "Lokasi pembuangan limbah sudah dipolice line oleh Polres Gresik. Untuk uji lab masih dalam proses. Kami minim butuh waktu 10 hari untuk uji lab," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...