Senin, 16 Desember 2019 19:15

Produsen Terbesar Nasional, Gubenur Khofifah: Telur dari Jatim Aman Dikonsumsi

Rabu, 20 November 2019 13:37 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Zahrotul Maidah
Produsen Terbesar Nasional, Gubenur Khofifah: Telur dari Jatim Aman Dikonsumsi
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebagai produsen telor terbesar di Indonesia, Provinsi Jawa Timur memasok 29 persen kebutuhan nasional. Tahun lalu, produksi telur unggas di Jatim mencapai 543,56 ribu ton atau setara 8,2 miliar butir telur.

”Jatim surplus telur unggas mencapai 8,2 miliar butir telur dan telah mampu menyuplai provinsi lain di Indonesia,” ucap Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dinas Peternakan melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun kepada anak usia dini.

Sebanyak 96,3 persen telur di Jatim dihasilkan ayam ras petelur yang diternakkan dengan pola good farming practices, sedangkan 3,7 persen sisanya dari ayam buras atau kampung yang belum dikandangkan secara permanen.

”Masyarakat jangan khawatir karena telur dari Jatim sehat dan tidak mengandung racun,” terang Khofifah di sela kunjungannya ke Kelompok Telur Intan di Kecamatan Tumpang, beberapa waktu lalu.

Imbauan tersebut dilontarkan Khofifah terkait hasil penelitian International Pollutants Elimination Network (IPEN) yang menyebutkan bahwa telur ayam di Tropodo, Sidoarjo, mengandung dioksin, senyawa beracun. Sebab, ayam kampung dipelihara tanpa dikandangkan dan mencari makan di tumpukan sampah plastik.

Di peternakan yang produksi telurnya sekitar 14 ton per hari atau setara 210 ribu butir per hari itu, quality control-nya sangat terjaga. Hanya telur-telur grade A atau kualitas terbaik yang dijual ke masyarakat.

”Yang grade B tidak dipasarkan,” ujar Khofifah.

Dinas Peternakan melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun kepada anak sekolah

Dengan penerapan good farming practices, sebanyak 92,5 persen unggas penghasil telur di Jatim diberi pakan yang memiliki nomor pendaftaran pakan (NPP). Pemprov Jatim melalui dinas peternakan juga melakukan berbagai upaya agar kualitas dan mutu telur di Jatim terjamin. Salah satunya, dengan sertifikasi kompartemen bebas penyakit flu burung di seluruh breeding farm yang memproduksi bibit untuk ayam petelur dan pedaging final.

Induk ayam penghasil bibit ayam umur sehari yang akan diedarkan ke masyarakat pun harus melalui serangkaian uji yang dilanjutkan dengan sertifikasi bebas penyakit pullorum. Secara berkala, sampel telur dan daging unggas diuji di Laboratorium Kesehatan Hewan. Dinas peternakan provinsi dan kabupaten/kota pun melakukan pengawasan agar telur yang diproduksi selalu berkualitas.

Hal senada, dilakukan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "telur ayam Jawa Timur sehat bebas zat beracun". Kampanye tersebut dilakukan oleh Disnak Jatim diSurabaya dan di Unit Pelaksana Tugas (UPT) lingkup Disnak serta di daerah daerah.

"Daerahnya antara lain, Magetan Tuban,Malang, Jember dan Pamekasan," kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Wemmi Niamawati.

Selain itu, lanjut dia, Ibu Gubernur Jawa Timur juga sangat respect dan mengklarifikasi bahwa berita "telur ayam jawa timur beracun tertinggi di dunia" adalah tidak benar.

"Tiga butir telur yang diberitakan mengandung dioksin hasil penelitian di tempat sampah plastik yang disampaikan sebagai bahan bakar industri tahu di Tropodo tidak representatif untuk menyatakan bahwa 8,2 milyar butir telur Jatim juga mengandung dioksin," jelas dia. (mid/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 14 Desember 2019 23:59 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Crystal Universe, akan menjadi andalan di Milenial Glow Garden (MGG), salah satu wahana baru Jatim Park 3 yang di-launcing pada Sabtu (14/12). Betapa tidak, di ruangan ini pengunjung akan dipikat dengan keindahan 5.433 l...
Sabtu, 14 Desember 2019 13:01 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Mengerikan! Itulah gambaran sikap saling serang atau saling bully antar penganut agama di media sosial (medsos). Tanpa risih dan tedeng aling-aling mereka saling serang dengan memakai kata-kata kasar, sadis, dan kejam. Mere...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...