Rabu, 11 Desember 2019 09:43

Dewan Kesenian Situbondo Beri Penghargaan Pelaku Seni dan Budaya

Senin, 11 November 2019 22:17 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mursidi
Dewan Kesenian Situbondo Beri Penghargaan Pelaku Seni dan Budaya
Ketua Dewan Kesenian (DKS) Situbondo, Edy Supriono saat diwawancarai sejumlah wartawan usai acara penyerahan penghargaan kepada para seniman di Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Dewan Kesenian Situbondo memberikan penghargaan kepada pelaku seni dan budaya yang tersebar di Kota Santri Situbondo, Senin (11/11). Prosesi penyerahan penghargaan dilaksanakan di pendopo Bupati, di Jalan RA Kartini Nomor 1 Situbondo.

Menurut Ketua DKS Kabupaten Situbondo, Edy Supriono, pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten melalui DKS kepada pelaku seni dan budaya, atas dedikasinya terhadap perkembangan seni dan budaya di Situbondo.

"Hari ini kami menyerahkan penghargaan kepada para sesepuh pencipta lagu, termasuk seniman yang sudah meninggal dunia, karena dedikasinya. Juga diberikan penghargaan kepada tim penggarap tari landung dan tim penggarap pakaian khas Situbondo," ujarnya.

Tak hanya itu, pria yang akrab dipanggil Mas Pri ini juga mengungkapkan, di hari yang sama pihaknya juga mengadakan lomba cipta lagu Situbondo-an tahun 2019, sebagai wujud kepedulian DKS memproduktifkan kembali para seniman dalam karya-karya lagu Situbondo-nya.

"Kita ketahui bersama seniman-seniman di Situbondo ini pernah merajai pencipta lagu-lagu Madura di era tahun 1990 sampai tahun 2000 awal. Untuk itu, DKS berkomitmen mengembalikan kejayaan itu, tentu melalui lomba cipta lagu, sebagai media para seniman di Situbondo semakin produktif," ujarnya

Ia berjanji akan terus mencari identitas bentuk lagu-lagu Situbondo yang paling ideal. Untuk itu pihaknya juga menggelar acara dialog agar ada titik temu dan resolusi bersama, supaya lagu-lagu Situbondo punya khas dan semakin populer di masyarakat luas.

"Ada dialognya juga, agar ada resolusi bersama. Pihak yang kami undang, ada youtuber, komunitas, para pencipta lagu, industri musik dangdut dan sebagainya," pungkasnya.

Sementara Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengatakan, saat ini Situbondo memerlukan adanya penguatan seni dan budaya. Sebab Pemkab Situbondo menyadari tanpa adanya seni dan budaya, rasanya Situbondo berjalan dengan hambar. Bahkan, tegasnya, suasana Kota Situbondo tanpa ada kiprah para seniman kurang semangat dalam menjalin kehidupan.

“Kalau punya kemampuan, tolong jangan berkiprah sendiri. Tetapi bersama dengan komunitas DKS sehingga berjalan dengan kompak. Yang penting lagi, jangan tercerai berai karena ada persoalan politik," katanya.

Menurutnya, DKS telah berhasil melakukan konsolidasi dengan sederet karya-karya nyata yang nampak di tengah masyarakat. Keberhasilan itu harus terus dipelihara serta dilanjutkan di masa mendatang. Bupati juga setuju dengan langkah Ketua DKS Edy Supriono yang intens membahas karakter seni dan budaya Situbondo yang sesungguhnya.

“Tadi kata Ketua DKS secara otomatis akan diketemukan dengan sendirinya karakter dan khas seni budaya Situbondo,” pungkasnya. (mur/had)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...