Senin, 03 Agustus 2020 16:47

​Setoran Tersendat, Warga Malang Nekat Bawa Kabur Mobil Rental di Sidoarjo

Minggu, 10 November 2019 19:33 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
​Setoran Tersendat, Warga Malang Nekat Bawa Kabur Mobil Rental di Sidoarjo
Kapolsek Sedati AKP Inggal pada saat menginterogasi tersangka Saibudi di Mapolsek Sedati.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Unit Reskrim Polsek Sedati berhasil mengamankan M. Saibudi (46). Warga Desa Bocek RT 06/RW 04 Karangploso, Malang itu nekat membawa kabur mobil rental Suzuki APV N 1215 XL gara-gara tidak mampu membayar uang setoran.

Mulanya, bapak tiga anak itu menjalin kerja sama dengan Achmad Fatoni, warga Desa Betro, Sedati. "Perjanjian sewa menyewa mobil secar lisan, sejak Januari lalu," cetus Kapolsek Sedati AKP Inggal Widya Perdana.

Nah, selama delapan bulan pertama setoran berjalan lancar. Dengan biaya Rp 3 juta tiap bulannya. Namun, sejak September, Saibudi mendadak memutus komunikasi dengan korban. "Tidak bisa dihubungi, uang sewa juga tidak dibayar," papar Inggal.

Hal tersebut membuat korban gelisah. Apalagi, semua surat kendaraan jenis MPV itu juga dibawa tersangka. Hingga akhirnya korban melapor ke Mapolsek Sedati. 

"Kami sempat melayangkan surat pemanggilan kepada tersangka. Namun tidak digubris," ungkap perwira dengan tiga balok di pundak itu.

Akhirnya, anggota pun menelusuri jejak pelaku. Hingga berhasil mengamankannya di kawasan Desa Ploso, Malang. "Mobil ternyata digadaikan ke orang lain tanpa persetujuan korban, senilai Rp 25 juta," papar Inggal.

Saat ditanya, Saibudi mengaku salah perhitungan dalam mengatur keuangan. "Pemasukan gak nutut, sepi orderan," jelasnya. 

Sayangnya, cara yang dipilih justru membuatnya harus berurusan dengan polisi. "Terpaksa digadaikan, untuk membayar setoran," ungkapnya menyesal.

Dia pun terancam menginap di hotel prodeo setidaknya lima tahun. Perbuatannya diancam dengan pasal 378 dan 372 KUHP. "Tindak pidana penipuan dan penggelapan," pungkas Inggal. (cat/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...