Senin, 09 Desember 2019 04:30

Berhenti Kayuh Sepeda Lalu Hormat kepada Sang Merah Putih, Anak Ini Dapat Penghargaan dari Wabup

Minggu, 10 November 2019 15:22 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Tri Susanto
Berhenti Kayuh Sepeda Lalu Hormat kepada Sang Merah Putih, Anak Ini Dapat Penghargaan dari Wabup
Aksi Reyhan yang viral di media sosial karena mendadak hormat kepada bendera Merah Putih saat dikibarkan dalam Upacara Hari Pahlawan di Alun-alun Kota Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Seorang anak SD menunjukan sikap nasionalis pada saat upacara hari pahlawan di Alun-alun Kota Blitar, Ahad (10/11) pagi. Anak bernama Reyhan (10) itu seketika berhenti dari mengayuh sepedanya saat melihat pengibaran bendera merah putih. Ia lantas menaruh sepedanya dan memberi hormat pada bendera merah putih yang tengah ditarik petugas pengibar bendera.

Salah seorang petugas keamanan sempat memfoto aksi terpuji anak SD Islam Kota Blitar itu. Foto heroik anak SD itu langsung beredar melalui pesan berantai di grup WhatsApp.

Wakil Bupati Blitar, Marhaenis UW yang mengetahui aksi Reyhan langsung memerintahkan sekretaris Satpol PP Kabupaten Blitar untuk mencari identitas anak tersebut. Ia berniat untuk memberikan apresiasi dan penghargaan atas sikap Reyhan yang menunjukan jiwa nasionalisme yang tinggi.

Tak butuh waktu lama bagi jajaran Satpol PP untuk mencari identitas Reyhan. Reyhan kemudian diajak ke rumah Wakil Bupati Blitar. Di rumah Wabup Blitar di Desa Bendosewu, Kecamatan Talun, Marhaenis menerima kedatangan bocah yang masih duduk dibangku kelas 6 SD.

“Saya tertarik untuk ketemu dengan anak kecil yang masih memiliki sikap nasionalis, sebab zaman sekarang ini jarang orang mau peduli untuk hormat bendera,” tuturnya di halaman pendopo rumahnya.

Marhaenis menjelaskan, dirinya merasa senang jika anak kecil sudah memiliki kepedulian dan jiwa nasionalis. Momen anak yang dengan kesadaran sendiri berhenti dan hormat bendera menurutnya tergolong istimewa. Untuk mengapresiasi sifat nasionalis anak tersebut dirinya mengundang Reyhan untuk bermain di rumahnya.

Di rumah Marhaenis, Reyhan disambut dengan seluruh keluarga. Bahkan putri Marhaenis, Nasa Barcelona yang juga anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar turut menemui.

Marhaenis memberikan bingkisan seragam sekolah, serta uang saku. Tidak hanya itu, Marhaenis juga membantu biaya pendidikan Reyhan selama 1 tahun secara gratis, mulai dari uang SPP, sepatu sekolah, tas, dan buku.

“Saya mengapresiasi sikap Reyhan ini bukan karena ada apa-apanya, supaya sikap Reyhan ini bisa di contoh oleh anak-anak segenerasinya yang memiliki jiwa nasionalis sejak kecil,” tukasnya.

Atas sikap Reyhan ini, dirinya berencana akan mengundang secara resmi anak tersebut untuk hadir di salah satu upacara bendera Pemkab Blitar pada Selasa (12/11) mendatang.

Sementara itu, Reyhan saat diwawancarai mengatakan keinginan hormat bendera itu dilakukan secara tiba-tiba. Dirinya saat itu sedang melintas pulang sekolah dari SD Islam kota yang memang berjarak dekat dengan lokasi upacara. Di saat berada di tengah jalan Semeru, Raihan tanpa disuruh atau diberhentikan oleh Satpol PP langsung mengambil sikap hormat bendera.

“Tidak ada disuruh, saya langsung saja hormat bendera,” ucapnya polos.

Upacara peringatan hari pahlawan di Alun-alun Kota Blitar tersebut merupakan gabungan dari Pemkab Blitar dan Pemkot Blitar. Upacara itu diikuti oleh ribuan peserta dari unsur PNS, Polri, TNI dan pelajar.(tri/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...