Sabtu, 15 Mei 2021 15:48

Berhenti Kayuh Sepeda Lalu Hormat kepada Sang Merah Putih, Anak Ini Dapat Penghargaan dari Wabup

Minggu, 10 November 2019 15:22 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Tri Susanto
Berhenti Kayuh Sepeda Lalu Hormat kepada Sang Merah Putih, Anak Ini Dapat Penghargaan dari Wabup
Aksi Reyhan yang viral di media sosial karena mendadak hormat kepada bendera Merah Putih saat dikibarkan dalam Upacara Hari Pahlawan di Alun-alun Kota Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Seorang anak SD menunjukan sikap nasionalis pada saat upacara hari pahlawan di Alun-alun Kota Blitar, Ahad (10/11) pagi. Anak bernama Reyhan (10) itu seketika berhenti dari mengayuh sepedanya saat melihat pengibaran bendera merah putih. Ia lantas menaruh sepedanya dan memberi hormat pada bendera merah putih yang tengah ditarik petugas pengibar bendera.

Salah seorang petugas keamanan sempat memfoto aksi terpuji anak SD Islam Kota Blitar itu. Foto heroik anak SD itu langsung beredar melalui pesan berantai di grup WhatsApp.

Wakil Bupati Blitar, Marhaenis UW yang mengetahui aksi Reyhan langsung memerintahkan sekretaris Satpol PP Kabupaten Blitar untuk mencari identitas anak tersebut. Ia berniat untuk memberikan apresiasi dan penghargaan atas sikap Reyhan yang menunjukan jiwa nasionalisme yang tinggi.

Tak butuh waktu lama bagi jajaran Satpol PP untuk mencari identitas Reyhan. Reyhan kemudian diajak ke rumah Wakil Bupati Blitar. Di rumah Wabup Blitar di Desa Bendosewu, Kecamatan Talun, Marhaenis menerima kedatangan bocah yang masih duduk dibangku kelas 6 SD.

BACA JUGA : 

Di Blitar, 798 Petasan Siap Ledak Diamankan Polisi, 7 Orang Diamankan

87 Kendaraan Diminta Putar Balik Saat Hendak Keluar Wilayah Kabupaten Blitar

Di Blitar, Pembeli Berjubel di Pusat Pembelanjaan, Petugas Turun Tangan

Warga Blitar Tetap Boleh ke Luar Kota Selama Larangan Mudik Lebaran, Asalkan Masih Satu Rayon

“Saya tertarik untuk ketemu dengan anak kecil yang masih memiliki sikap nasionalis, sebab zaman sekarang ini jarang orang mau peduli untuk hormat bendera,” tuturnya di halaman pendopo rumahnya.

Marhaenis menjelaskan, dirinya merasa senang jika anak kecil sudah memiliki kepedulian dan jiwa nasionalis. Momen anak yang dengan kesadaran sendiri berhenti dan hormat bendera menurutnya tergolong istimewa. Untuk mengapresiasi sifat nasionalis anak tersebut dirinya mengundang Reyhan untuk bermain di rumahnya.

Di rumah Marhaenis, Reyhan disambut dengan seluruh keluarga. Bahkan putri Marhaenis, Nasa Barcelona yang juga anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar turut menemui.

Marhaenis memberikan bingkisan seragam sekolah, serta uang saku. Tidak hanya itu, Marhaenis juga membantu biaya pendidikan Reyhan selama 1 tahun secara gratis, mulai dari uang SPP, sepatu sekolah, tas, dan buku.

“Saya mengapresiasi sikap Reyhan ini bukan karena ada apa-apanya, supaya sikap Reyhan ini bisa di contoh oleh anak-anak segenerasinya yang memiliki jiwa nasionalis sejak kecil,” tukasnya.

Atas sikap Reyhan ini, dirinya berencana akan mengundang secara resmi anak tersebut untuk hadir di salah satu upacara bendera Pemkab Blitar pada Selasa (12/11) mendatang.

Sementara itu, Reyhan saat diwawancarai mengatakan keinginan hormat bendera itu dilakukan secara tiba-tiba. Dirinya saat itu sedang melintas pulang sekolah dari SD Islam kota yang memang berjarak dekat dengan lokasi upacara. Di saat berada di tengah jalan Semeru, Raihan tanpa disuruh atau diberhentikan oleh Satpol PP langsung mengambil sikap hormat bendera.

“Tidak ada disuruh, saya langsung saja hormat bendera,” ucapnya polos.

Upacara peringatan hari pahlawan di Alun-alun Kota Blitar tersebut merupakan gabungan dari Pemkab Blitar dan Pemkot Blitar. Upacara itu diikuti oleh ribuan peserta dari unsur PNS, Polri, TNI dan pelajar.(tri/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa maksud...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...